Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Tips Menghemat Biaya Perawatan Kendaraan Anda

Carmudi Indonesia, situs layanan jual beli kendaraan, memberikan 5 tip cara menghemat biaya perawatan kendaraan.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 23 Januari 2015  |  04:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-Carmudi Indonesia, situs layanan jual beli kendaraan, memberikan 5 tip cara menghemat biaya perawatan kendaraan yang efektif.

Penghematan biaya perawatan tersebut tidak mengurangi kinerja kendaraan, tetapi justru dapat menjamin kondisinya semakin prima untuk dikendarai.

Manajemen Carmudi Indonesia dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (22/1/2015) menjelaskan tip penghematan hingga jutaan rupiah itu diharapkan dapat menjadi resolusi pada tahun ini.

Resolusi Pertama, melakukan 2 kali check up per tahun untuk menjamin cairan dalam kendaraan, baterai, sistem rem, kemudi dan supensi dalam keadaan prima.

Dengan mengidentifikasi masalah dari yang terkecil dapat menghemat biaya pemeliharaan jangka panjang karena dapat mencegah terjadinya perbaikan yang besar.

Manfaatnya, ketika saatnya kendaraan akan dijual, maka calon pembeli lebih terkesan melihat dokumen pemeliharaannya sehingga nilai jualnya semakin tinggi.

Selain nilai jual kembali tinggi juga diperkirakan terjadi penghematan hingga sekitar Rp3 juta-an dari biaya yang harus dikeluarkan jika terjadi kerusakan.

Adapun resolusi Kedua, dengan cara tidak mengemudi secara agresif, menghentikan kebiasaan mengemudi dengan kecepatan tinggi, hindari mulai jalan dengan cepat dan pengereman secara keras atau mendadak.

Cara cerdas ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) mencapai 40%, dan penghematan BBM itu menjadi semakin optimal jika laju kendaraan dipertahankan pada kisaran 50-60 mil per jam.

Selanjurnya resolusi Ketiga, pemakaian kendaraan yang maksimal ditambah kondisi jalan yang buruk, berlubang, berbatu dan lainnya dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat dan bocor pada ban.

Periksalah informasi yang diberikan produsen ban mobil Anda, karena kondisi ban yang kurang baik, termasuk tekanan anginnya, dapat mengurangi efisiensi BBM hingga 15%.

Pemeriksaan ban tersebut dapat menghemat biaya ban, hemat BBM hingga 4%, serta menghindari masalah manuver yang dapat menyebabkan risiko kecelakaan dan biaya perbaikan.

Keempat, memastikan minyak pelumas pada sistem rem dan sistem kopling selalu terpelihara baik, sehingga terhindar dari penggantian 2 komponen tersebut akibat rusak yang menimbulkan biaya tinggi dan memakan waktu.

Dengan tidak melakukan penggantian sistem rem maupun sistem kopling, maka dapat menghemat biaya hingga lebih dari Rp1 juta.

Sedangkan resolusi Kelima, ialah menjaga kondisi kendaraan selalu bersih dengan memanfaatkan peralatan perawatan kendaraan untuk menghilangkan binti-bintik atau noda sebelum merusak.

Investasi untuk perawatan kendaraan bagian dalam, terutama dengan menghilangkan debu secara teratur guna mencegah terjadinya bintik-bintik dan noda dapat menghemat hingga Rp5 juta untuk mengganti seluruh interiornya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif kendaraan
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top