Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ternyata, Sistem Hands Free Mengganggu Konsentrasi Berkendara

Mobil anda dilengkapi dengan sistem hands-free? Pernahkah anda menggunakannya ketika berkendara? Yakinkah dengan keamanannya?
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 08 Oktober 2014  |  13:25 WIB
Ilustrasi - www.toyota.ca
Ilustrasi - www.toyota.ca

Bisnis.com, New York--Mobil anda dilengkapi dengan sistem hands-free? Pernahkah anda menggunakannya ketika berkendara? Yakinkah dengan keamanannya?

Kini anda harus mempertimbangkan lagi penggunaannya saat mengendarai moil anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh AAA dan Universitas Utah mengungkapkan bahwa penggunaan sistem iniketika berkendara bisa sangat mengganggu karena bisa mengganggu konsentrasi mengemudi.

Sebagaimana dikutip dari money.cnn.com, CEO AAA Bob Darbelnet mengatakan pengemudi dapat mengabaikan tanda berhenti, trotoar dan kendaraan lain ketika menggunakan teknologi suara. “Karena pikiran para pengemudi tersebut tidak sepenuhnya fokus pada jalan di depannya,” katanya, Rabu (8/10/2014).

Bob menilai hal ini yang menjadi kelemahan dari sistem hands-free, yang diharapkan bisa menjadi fitur pengamanan ketika berkendara, arena secara tidak langsung akan memberikan gangguan terhadap konsentrasi.

Sistem hands-free saat ini menjadi fitur standar dari kebanyakan mobil baru, yang bisa menggunakan teknologi aktivasi suara untuk membuat panggilan, mengirim pesan, mengganti frekuensi radio atau menyesuaikan suhu di dalam kendaraan. Ide awalnya yakni menjaga agar tangan tetap berada di kemudi daripada di telepon genggam atau di dashboard agar lebih aman ketika berkendara. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitur mobil

Sumber : Newswire

Editor : Rachmad Subiyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top