SURVEI: Chevrolet, Mazda, Mitsubishi dan Toyota Raih Kepuasan Penjualan Tertinggi

Chevrolet menjadi pabrikan dengan tingkat kepuasan konsumen tertinggi dalam hal layanan penjualan di Indonesia
Lingga Sukatma Wiangga | 02 Oktober 2014 23:07 WIB
Chevrolet Spin. -

Bisnis.com, JAKARTA—Chevrolet menjadi pabrikan dengan tingkat kepuasan konsumen tertinggi dalam hal layanan penjualan di Indonesia. Hal tersebut dilansir J. D Power, yaitu sebuah lembaga periset tingkat kepuasan konsumen terutama di bidang otomotif.

Hasil penelitian J.D. Power 2014 mengenai Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) Study yang dirilis pada Rabu (1/10/2014), mengukur kepuasan pembeli kendaraan baru terhadap pengalaman pembelian dengan menganalisa tujuh faktor.

Faktor-faktor yang diamati adalah proses pengiriman kendaraan (31%), saat pengiriman (13%), kesepakatan yang diperoleh (12%), fasilitas dealer (12%), penanganan dokumen (11%), tenaga pemasaran (11%), dan proses awal penjualan (9%).

Chevrolet menempati peringkat tertinggi dalam tingkat kepuasan secara keseluruhan di antara merek-merek mass market yang ada di pasar Indonesia.  Pabrikan asal Amerika Serikat itu mendulang nilai 771, dari skala 1.000 poin.

“Saat pelanggan datang, tidak sekedar ditawarkan kendaraan dengan harga tertentu. Yang utama adalah kami tanya kendaraan seperti apa yang dibutuhkan. Nanti tim kami akan jelaskan jenis kendaraan yang kami miliki sesuai dengan keinginan konsumen tersebut,” ujar Maria Sidabutar, Public Relations Director PT General Motors Indonesia (GMI) selaku agen pemegang merek (APM) Chevrolet.

Maria menuturkan pihaknya berusaha menyesuaikan permintaan kendaraan dari konsumen bukan hanya sekedar kebutuhan tapi juga dengan gaya hidup. Maria mengklaim pihaknya, menawarkan penjualan, lembaga pembiayaan, pengiriman, hingga layanan purna jual yang sejalan dengan harapan konsumen.  

Meski demikian, menurut Maria, pihaknya belum melakukan riset secara kuntitatif terkait kepuasan pelanggan dengan kenaikan persentase penjualan. “Kami pun sudah melakukan riset seperti itu. Kami lakukan secara kualitatif. Jadi kami belum bisa pastikan bahwa ini meningkatkan penjualan. Tapi riset kami mengatakan, pelanggan baru datang atas rekomendasi kepuasan pelanggan lain,” ujar Maria.

Penelitian Indonesia SSI 2014 tersebut disusun berdasarkan tanggapan dari 2.895 pemilik kendaraan baru, yang membeli kendaraannya antara bulan Oktober 2013 dan Juni 2014. Penelitian dilakukan antara bulan April dan Agustus 2014, serta mengukur kepuasaan pemilik kendaraan baru dalam hal penjualan dan pengalaman pengiriman dari dealer resmi di Indonesia.

Meski demikian, J. D. Power menemukan secara keseluruhan tingkat kepuasan rata-rata menurun menjadi  766 poin pada 2014, turun 14 poin dari tahun sebelumnya. Empat merek dengan penilaian teratas dari penelitian tersebut adalah Chevrolet, Mazda, Mitsubishi dan Toyota.

Tag : otomotif
Editor : Setyardi Widodo
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top