Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2014: Sektor Otomotif Terus Tumbuh. Dua Kota Luar Jawa Akan Jadi Basis Produksi

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyatakan pertumbuhan sektor otomotif masih mengalami tren positif, khususnya jika dilihat dari banyaknya pendirian pabrik otomotif di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyatakan pertumbuhan sektor otomotif masih mengalami tren positif, khususnya jika dilihat dari banyaknya pendirian pabrik otomotif di Indonesia.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman MR mengatakan secara akumulatif, para produsen otomotif berkomitmen mendirikan pabrik dengan kapasitas hampir dua juta unit di akhir 2014.

Bersamaan dengan hal itu, diketahui kapasitas produski pada 2013 mencapai 1.368.000 unit. Sementara, akhir tahun ini, Gaikindo memperkirakan kapasitas beberapa anggota Gaikindo mencapai 1.998.000 unit.

Sementara itu, Menteri Perdagangan M Luthfi mengatakan pemerintah akan mendorong pembangunan fasilitas perakitan kendaraan di luar Jakarta dan sekitarnya saat kapasitas produksi mobil sudah melebih dua juta unit. Dengan catatan, terdapat peningkatan produksi setiap tahunnya.

"Kota di sekitar Jawa seperti Semarang atau Banyuwangi akan disiapkan," tuturnya, Kamis(18/9/2014).

Dia mengatakan setelah nanti kapasitas produksi roda empat di Indonesia mencapai tiga juta unit, Balikpapan atau Sulawesi Selatan akan disiapkan sebagai kota industri di masa mendatang.

Rencana ini terkait dengan dijadikannya kota-kota di luar Pulau Jawa sebagai basis produksi metal di masa depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper