Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IIMS 2014: Toyota Hadirkan Tiga Mobil Masa Depan

Toyota akan hadirkan tiga mobil konsep dalam acara otomotif tahunan terbesar di Asia Tenggara Indonesia International Motor Show. Ketiga kendaraan tersebut diklaim sebagai role model kendaraan Toyota di masa yang akan datang
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 09 September 2014  |  20:30 WIB
IIMS 2014: Toyota Hadirkan Tiga Mobil Masa Depan
Dalam jangka waktu yang belum bisa ditentukan, mobil ini belum bisa dipasarkan di Tanah Air. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Toyota akan menghadirkan tiga mobil konsep dalam ajang otomotif tahunan terbesar di Asia Tenggara, Indonesia International Motor Show (IIMS). Ketiga kendaraan tersebut diklaim sebagai role model kendaraan Toyota di masa yang akan datang.

Ketiga kendaraan konsep tersebut adalah FT-1, FV 2, dan FCV.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, FT-1 merupakan kependekan dari Future Toyota One. FT-1 memiliki rancangan interior mirip kokpit pesawat terbang.

Kendaraan tersebut dirancang oleh Calty Design Research di Newport Beach, California, Amerika Serikat. FT-1 dikatakan mewarisi Toyota 2000 GT, Celica dan Supra. Dilihat dari bentuknya, kendaraan itu dibangun dengan konsep sedan sport dan Formula 1.

Adapun FV 2 merupakan personal mobility. Toyota merancang kendaraan tersebut untuk “mengenali” sisi personal pengendaranya. Rahmat mengatakan kendaraan ini “bisa berkomunikasi” dengan perasaaan pengendara.

“Kendaraan ini dirancang untuk mengidentiifikasi suasana hati pengendara melalui sentuhan tangan,” ujar Rahmat, Selasa (9/9/2014).

Sementara itu kendaraan FCV atau Fuel Cell Vehicle, Toyota mengkombinasikannya dengan teknologi hybrid. FCV dari Toyota ini berbahan bakar hydrogen yang bereaksi dengan oksigen yang menghasilkan energi listrik. Yang cukup unik, “emisi” yang dibuang adalah uap air.

“Ketiga kendaraan konsep tersebut menggunakan teknologi masa depan Toyota. Dan itu merupakan cerminan desain mobil Toyota di masa depan,” kata Rahmat melanjutkan.

Khususnya kendaraan konsep FCV, akan dipasarkan secara masal di Jepang pada April 2015. Kendaraan itu pun akan ditawarkan di California, Amerika Serikat, serta Eropa pada musim panas 2015. Dengan model tersebut, Toyota global ingin menjadi yang terdepan dalam menghadirkan teknologi hydrogen.

Namun, kendaraan tersebut dalam jangka waktu yang belum bisa ditentukan belum bisa dipasarkan di Tanah Air. Selain karena harganya yang sangat tinggi, infrastruktur pendukung seperti stasiun pengisian bahan bakar pun belum bisa dihadirkan.

Sebagai catatan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang akan dihelat pada 18-28 September itu, TAM akan menampilkan 35 produk. Produk-produk tersebut ditampilkan dalam 17 model terkini, tiga unit teknologi masa depan, serta tiga unit simulator.  

Untuk menjawab kebutuhan konsumen dalam negeri, pada main booth Toyota akan mengahadirkan model yang lengkap mulai dari Agya, Yaris, Vios, jajaran multi purpose vehicle  (MPV), commercial vehicle, hingga sedan Prius dan Camry yang dilengkapi teknologi hybrid.

Sebagai gambaran, pada IIMS 2014, booth Toyota akan menempati lahan seluas 2.850 meter persegi. Yang terdiri dari 2.100 meter persegi untuk main booth dan 750 meter persegi untuk commercial booth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iims otomotif
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top