Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kia Motor Bangun Pabrik senilai US$1 Miliar di Meksiko

Presiden Meksiko Enrique Pea Nieto mengumumkan perusahaan pembuat mobil dari Korea Selatan, Kia Motor, akan membuka pabrik senilai US$ 1 miliar di Meksiko Utara.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Meksiko Enrique Pea Nieto mengumumkan perusahaan pembuat mobil dari Korea Selatan, Kia Motor, akan membuka pabrik senilai US$ 1 miliar di Meksiko Utara.

Kia akan bergabung dengan deretan pabrik mobil yang hadir terlebih dahulu. Banyaknya pabrik mobil yang pindah ke negara ini karena upah buruh yang murah dan kebijakan perdagangan bebasnya. Ini mengubah Meksiko menjadi negara manufaktur di tengah tingginya angka kejahatan.

Pada Juli lalu, raksasa mobil BMW mengumumkan akan membangun pabrik senilai US$ 1 miliar dolar di San Luis Potosi. Pengumuman ini setelah sebulan sebelumnya Mercedes-Benz dan Nissan mengumumkan membangun pabrik bersama senilai US$ 1,4 miliar dolar. Pada akhir tahun lalu, Audi juga sudah memulai membangun pabrik senilai US$ 1,3 miliar dolar di sekitar Puebla.

Honda, Mazda, Volkswagen, General Motors dan Ford juga sudah membuka pabrik perakitan di Mexico.

"Kami merayakan bergabungnya Kia Motors menjadi bagian kisah sukses yang sedang kami tulis," ujar Pena Nieto pada Rabu (27/8/2014) waktu setempat seperti yang dilaporkan Los Angeles Times.

Pena juga meramalkan manufaktur berbasis teknologi akan menjadi tulang punggung ekonomi Meksiko ke depan.

"Meksiko saat ini merupakan delapan besar negara produsen mobil," kata Mike Jackson, analis dari IHS Automotive.

Menurutnya, jika pabrik-pabrik baru ini beroperasi maka posisinya pada 2020 akan berada sebagai negara produsen terbesar ke-6.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper