Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kia Motor Bangun Pabrik senilai US$1 Miliar di Meksiko

Presiden Meksiko Enrique Pea Nieto mengumumkan perusahaan pembuat mobil dari Korea Selatan, Kia Motor, akan membuka pabrik senilai US$ 1 miliar di Meksiko Utara.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 28 Agustus 2014  |  08:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Meksiko Enrique Pea Nieto mengumumkan perusahaan pembuat mobil dari Korea Selatan, Kia Motor, akan membuka pabrik senilai US$ 1 miliar di Meksiko Utara.

Kia akan bergabung dengan deretan pabrik mobil yang hadir terlebih dahulu. Banyaknya pabrik mobil yang pindah ke negara ini karena upah buruh yang murah dan kebijakan perdagangan bebasnya. Ini mengubah Meksiko menjadi negara manufaktur di tengah tingginya angka kejahatan.

Pada Juli lalu, raksasa mobil BMW mengumumkan akan membangun pabrik senilai US$ 1 miliar dolar di San Luis Potosi. Pengumuman ini setelah sebulan sebelumnya Mercedes-Benz dan Nissan mengumumkan membangun pabrik bersama senilai US$ 1,4 miliar dolar. Pada akhir tahun lalu, Audi juga sudah memulai membangun pabrik senilai US$ 1,3 miliar dolar di sekitar Puebla.

Honda, Mazda, Volkswagen, General Motors dan Ford juga sudah membuka pabrik perakitan di Mexico.

"Kami merayakan bergabungnya Kia Motors menjadi bagian kisah sukses yang sedang kami tulis," ujar Pena Nieto pada Rabu (27/8/2014) waktu setempat seperti yang dilaporkan Los Angeles Times.

Pena juga meramalkan manufaktur berbasis teknologi akan menjadi tulang punggung ekonomi Meksiko ke depan.

"Meksiko saat ini merupakan delapan besar negara produsen mobil," kata Mike Jackson, analis dari IHS Automotive.

Menurutnya, jika pabrik-pabrik baru ini beroperasi maka posisinya pada 2020 akan berada sebagai negara produsen terbesar ke-6.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kia motors corporation
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top