Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Datsun Go+ Terbanyak Di Pulau Jawa

Penjualan mobil Datsun Go+ Panca di Pulau Jawa memberikan kontribusi tertinggi yang mampu meraup pasar hingga 33% atau 13.200 unit dari total target penjualan nasional sebanyak 40.000 unit.
Sedan Datsun Go+/Datsun
Sedan Datsun Go+/Datsun

Bisnis.,com, SEMARANG — Penjualan mobil Datsun Go+ Panca di Pulau Jawa memberikan kontribusi tertinggi yang mampu meraup pasar hingga 33% atau 13.200 unit dari total target penjualan nasional sebanyak 40.000 unit.

Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwijaya mengatakan pemesanan mobil low cost green car (LCGC) yang mulai soft launching akhir 2013 hingga saat ini terus bertambah. Oleh karena itu, Indri menyakini penjualan Datsun Go+ Panca yang mengusung konsep lima tempat duduk plus dua di Pulau Jawa bisa mencapai 33%.

“Kami menghitung sesuai tahun fiskal dari April 2014 hingga Maret 2015. Total target penjualan nasional 40.000 unit,” paparnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (14/8/2014).

Wilayah berikutnya yang mampu meraih pangsa pasar cukup banyak berada di DKI Jakarta, Depok dan Tangerang yang mencapai 25%. Adapun rincian target penjualan di luar Jawa meliputi Sulawesi 10%, Sumatera dan Kalimantan sekitar 20%.

Dia mengatakan sistem pemasaran Datsun selama ini menerapkan by order. Artinya calon pembeli yang telah memesan mobil Datsun sudah pasti mendapatkan mobil tersebut.

“Setiap produksi mobil pasti habis [terjual], karena sudah dipesan sebelumnya,” paparnya.

Terpilihnya Pulau Jawa yang memberikan kontribusi penjualan terbesar untuk mobil Datsun, kata Indri, karena melihat pertumbuhan ekonomi terkonsentrasi di Pulau Jawa. Di samping itu, Pulau Jawa merupakan wilayah dengan tingkat penduduk terpadat di Indonesia.

Selain itu, kata dia, mobil Datsun dari Jepang ini akan mudah diterima pasar karena merek tersebut telah melekat dihati para penggemar sejak era 1960-an.
"Memang sejak 1980-an, Datsun tidak mengeluarkan produk baru lagi. Dan saat inilah kami datang untuk memenuhi keinginan konsumen dengan produk terbaru model MPV," paparnya.

Guna meramaikan pasar city car, lanjut Indri, mobil Datsun akan mengeluarkan model heatback yang mengusung konsep lima kursi. Mobil tersebut bakal dikenalkan di pasaran pada akhir Agustus ini.

“Akhir Agustus ini [Datsun heatback] bisa mulai dipesan. Harganya juga akan diumumkan pada akhir bulan ini,” terangnya.

 

Namun secara detail, dia tidak menyebut berapa jumlah yang diproduksi. Target produksi Datsun sebanyak 40.000 unit merupakan jumlah total Datsun Go+ Panca dengan mengusung konsep seven seater dan Datsun Go dengan five seater.
"Persentase 70% untuk MPV dan 30% untuk model heatback," paparnya.

PT Wahana Sun Motor Indomobil Datsun Semarang mencatatkan angka pemesanan mobil Datsun Go+ Panca tipe MPV di Semarang mencapai 300 unit, periode Januari-Juli atau semester I/2014.

Supervisor Datsun Semarang Giovanni Bagas Wicaksono memaparkan sejak mobil itu dipasarkan pada akhir tahun lalu, pembeli dari kalangan menengah ke bawah di Kota Atlas ini terus membanjiri dealer untuk memesan mobil yang dibanderol Rp89 juta-Rp107,6 juta.

“Sampai sekarang jumlah pemesan ada 300 unit mobil. Syaratnya booking fee Rp2 juta, dan calon pembeli kami beri surat pemesanan mobil,” papar Bagas saat ditemui Bisnis.

Dia mengatakan pemesanan sedikit terhambat pada Juni-Juli karena sebagian pengeluaran orang terkonsentrasi untuk biaya sekolah. Namun demikian, Bagas optimis penjualan Datsun Go+ Panca akan meningkat pasca Lebaran tahun ini.

“Kami mematok target penjualan sebanyak-banyaknya. Sistem penjualan Datsun by order, bukan ready stock. Kami tidak ingin meniru pemasaran pesaing, khawatir over stock,” papar Bagas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper