Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOBIL LMPV: Perang Diskon Antar Diler Marak

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menilai perang diskon selama triwulan petama tahun ini banyak terjadi di segmen mobil penumpang multifungsi kelas bawah (multi purpose vehicle / LMPV).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menilai perang diskon selama triwulan pertama tahun ini banyak terjadi di segmen mobil penumpang multifungsi kelas bawah (multi purpose vehicle / LMPV).

"Karena dari total market, pangsa pasar terbesar adalah LMPV. Bisa jadi LMPV yang paling banyak diskonnya," kata Kepala Divisi Pemasaran Domestik ADM, Rio Sanggau, Senin (5/5/2014).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat selama triwulan pertama terjual 101.625 unit LMPV dari pabrikan ke diler (wholesales). Jumlah ini setara dengan 31% pangsa pasar kendaraan roda 4 atau lebih.

Kisaran pangsa pasar itu naik tipis ketimbang perolehan kuartal IV/2013 pascamasuknya low cost and green car (LCGC) ke pasar domestik. Saat itu, penguasaan LMPV sempat anjlok ke level 30%.

"Sebelum ada LCGC, LMPV sempat berkontribusi 34% terhadap pasar otomotif nasional," ujarnya.

Daihatsu sendiri optimistis mempertahankan pamor MPV kelas bawahnya, Xenia di kisaran 12%.

Nilai diskon berbeda-beda antarmerek dan besarannya ditentukan diler. Di segmen low MPV misalnya, Chevrolet memberi potongan harga Spin mulai dari Rp5 juta sampai kisaran Rp15 juta. Daihatsu Xenia sekitar Rp16 juta – Rp18 juta, sedangkan Toyota Avanza dari Rp15 jutaan hingga Rp30 juta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler