Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biaya Komponen Bengkak, Suzuki Naikkan Harga LCGC Karimun Wagon R

Kini ada 4 merek low cost and green car (LCGC) yang beredar di pasar, yaitu Astra-Toyota Agya, Astra-Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, dan Honda Brio Satya. Namuni, baru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Suzuki, yang telah menaikkan harga.

Bisnis.com, JAKARTA--Kini ada 4 merek low cost and green car (LCGC) yang beredar di pasar, yaitu Astra-Toyota Agya, Astra-Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, dan Honda Brio Satya. Namuni, baru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Suzuki, yang telah menaikkan harga. 

4W Sales, Marketing & DND Director PT SIS Davy J. Tuilan mengatakan pada Januari 2014 pihaknya menaikkan harga Wagon R sekitar Rp1,5 juta dan Rp1 juta pada bulan ini. Artinya, KBH2 Suzuki termurah tipe GA dijual Rp80,2 juta, GL Rp93,5 juta, dan GX Rp103,5 juta. 

"Kenaikan harga ini karena harga komponen naik. Komponen lokal harganya sudah naik sejak tahun lalu karena kenaikan UMR," katanya kepada Bisnis, Selasa (15/4/2014). 

SIS tak khawatir lonjakan harga tersebut mempengaruhi penjualan Wagon R di bulan-bulan mendatang. ATPM optimistis produk ini dapat meraup 20% pangsa pasar KBH2 sepanjang 2014. 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat selama kuartal I/2014 mencapai 5.888 unit. Jumlah ini setara 13,4% dari total penjualan KBH2 43.999 unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper