Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mitsubishi Genjot Penjualan City Car Mirage

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, agen tunggal pemegang merek Mitsubishi, mentargetkan pertumbuhan penjualan kendaraan kompak city car Mirage pada tahun ini sebesar 5.2% menjadi 7.100 unit lebih tinggi dari realisasi tahun lalu 6.941 unit.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 13 Maret 2014  |  09:56 WIB
Mitsubishi Genjot Penjualan City Car Mirage
City Car Mirage - Newsdrive

Bisnis.com, JAKARTA--PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, agen tunggal pemegang merek Mitsubishi, mentargetkan pertumbuhan penjualan kendaraan kompak city car Mirage pada tahun ini sebesar 5.2% menjadi 7.100 unit lebih tinggi dari realisasi tahun lalu 6.941 unit.

Duljatmono, Operating General Manager MMC Marketing Division Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan tidak mudah menaikkan target pertumbuhan penjualan sebesar 5.2% dengan market share sekitar 11.4% karena persaingan yang sangat ketat di segmen tersebut.

“Kami tetap optimistis dengan target pertumbuhan penjualan Mirage, walaupun persaingan pasar kendaraan city car semakin ketat, terutama dengan kehadiran kendaraan low cost green car yang sebenarnya mempunyai segmen tersendiri,” katanya di Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Menurutnya, kendaraan kompak city car Mitsubishi Mirage masih bertahan di kelasnya yang terbukti dengan pencapaian penjualan selama tahun lalu sebesar 6.941 unit dengan market share 11%  dan pada tahun ini diproyeksikan tumbuh menjadi 7.100 unit dengan pangsa pasar 11,4%.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima Bisnis mengungkapkan total penjualan Mirage secara whole sales selama dua bulan petama 2014 sebanyak 1.53 unit terdiri dari penjualan Januari mencapai 592 unit dan 561 unit pada Februari.

Adapun total penjualan kendaraan city car yang di dalamnya terdapat kendaraan LCGC selama Februari 2014 mencapai 22.450 unit, meningkat 15,4% dari realisasi Januari 2014 sebanyak 19.454 unit sehingga total seluruh penjualan selama dalam dua bulan itu mencapai 41.904 unit.

Total volume penjualan kendaraan city car selama Januari-Februari 2014 sebanyak 41.904 unit diantaranya berasal dari penjualan kelompok kendaraan LCGC yaitu Toyota Agya terjual 13.983 unit, Daihatsu Ayla 8.364 unit, Honda Brio Satya 4.358 unit dan Suzuki Karimun Wagon R sebanyak 3.851 unit.

Sementara itu kelompok kendaraan kompak city car seperti Toyota Etios selama Januari-Februari 2014 tertjual 3.048 unit, Honda Brio 3.242 unit, Nissan March 1.554 unit, Daihatsu All New Sirion 1.060 unit, Kia Picanto 691 unit dan Suzuki Splash sebanyak 580 unit.

Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo, mengatakan volume penjualan kendaraan perkotaan meningkat tajam setelah diluncurkannya kendaraan LCGC atau murah ramah lingkungan mulai pertengahan tahun sehingga dapat diduga menggerogoti pangsa kendaraan yang lain.

“Penjualan city car, termasuk di dalamnya kendaraan low multi purpose vehicle akan terus meningkat karena memang sesuai dengan kondisi perkotaan yang tingkat kemacetan lalu lintasnya semakin tinggi dan biaya operasional mobil itu lebih efisien,” ujarnya.

Sementara itu Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan pasar kendaraan perkotaan atau city car menjadi semakin berkembang menyusul kehadiran Daihatsu Ayla dan kendaraan sejenis yang langsung mendapat respon positif dari pasar domestik.

“Sekarang banyak orang yang ingin serba praktis, karena sehari-hari hanya sendirian atau berdua dengan teman ke kantor atau pergi urusan kantor, maka mereka lebih memilih mobil yang lebih praktis dan irit yaitu city car,” katanya.

Menurutnya, pasar kendaraan multi purpose vehicle belakangan ini terus meningkat. Namun, lanjutnya, di antara pemilik kendaraan tersebuh hanya menggunakannya pada libur akhir pekan dan untuk mendukung aktivitas dan kerjanya sehari-hari menggunakan kompak city car.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mitsubishi mirage
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top