Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ibarat Pil Ajaib, LCGC Bisa Terjual 125.000 Unit Tahun Ini

Mobil ramah lingkungan harga terjangkau (low cost and green car/LCGC) diyakini tumbuh subur sepanjang tahun ini. Produk yang baru masuk ke pasar sejak September 2013 itu diperkirakan terjual hingga 125.000 unit.

Bisnis.com, JAKARTA--Mobil ramah lingkungan harga terjangkau (low cost and green car/LCGC) diyakini tumbuh subur sepanjang tahun ini. Produk yang baru masuk ke pasar sejak September 2013 itu diperkirakan terjual hingga 125.000 unit.

Prognosa tersebut dikemukakan lembaga riset Frost & Sullivan saat memaparkan kinerja industri otomotif selama 2013 dan proyeksi pada 2014, di Jakarta, Rabu (5/2/2014). Jika angka itu tercapai, artinya penjualan LCGC melonjak 144% dari periode 2013 sekitar 51.000-an unit.

"Program LCGC akan menjadi pendorong utama penjualan pada 2014," kata Vivek Vaidya, Vice President Automotive & Transportation Practice Frost & Sullivan untuk kawasan Asia Pasifik.

LCGC ibarat pil ajaib yang dapat mendongkrak geliat bisnis industri otomotif RI. Pasalnya, program ini memiliki efek domino tak hanya sektor otomotif dan industri pendukungnya tapi juga sektor tenaga kerja.

Mobil murah tersebut diperkirakan menyerap 130.000 orang tenaga kerja baru. Sebanyak 30.000 di antaranya adalah pekerja langsung, sisanya mereka yang dilibatkan dalam lokakarya.

"LCGC membuka pintu masuk baru bagi segmen konsumen pembeli mobil pertama dengan daya beli yang terbatas," tutur Vaidya.

Sementara itu, kalangan produsen kendaraan bermotor roda empat atau lebih mematok target sedikit lebih kecil ketimbang Frost & Sullivan, berjumlah 120.000 unit. Asumsinya, ada sekitar 10.000 unit LCGC yang terjual setiap bulan.

"LCGC membuka segmen baru, yakni mobil dengan 5 penumpang, sedangkan low MPV tujuh penumpang. Semua kembali kepada kebutuhan konsumen, butuh yang 5 atau 7 tempat duduk," tutur Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto.

Menurut dia, banyaknya peminat LCGC karena sekarang lebih banyak konsumen yang mencari kendaraan hemat bahan bakar.  Dan LCGC dapat menempuh jarak sekitar 20 kilometer dengan seliter bensin.

Saat ini, terdapat empat merek yang bermain di LCGC, yaitu Astra-Toyota Agya, Astra-Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun Wagon R. Gaikindo mengelompokkan mobil-mobil ini ke dalam segmen city car.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper