Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diler Hino Agresif Pasarkan Truk ke Instansi Pemerintah

PT Kreasi Auto Kencana, salah satu dari tiga diler resmi Hino, siap mendukung program peremajaan truk pengangkut sampah yang dilakukan Dinas Kebersihan DKI Jakarta untuk mengoptimalkan kerja instansi tersebutn

Bisnis.com, JAKARTA- PT Kreasi Auto Kencana, salah satu dari tiga diler resmi Hino, siap mendukung program peremajaan truk pengangkut sampah yang dilakukan Dinas Kebersihan DKI Jakarta untuk mengoptimalkan kerja instansi tersebut.

Nugroho, Direktur Kreasi Auto Kencana, mengatakan pihaknya bersama diler resmi Hino yang lain, PT. Indo Sentosa Trada dan PT. Hibaindo Armadan, untuk tahap awal membantu peremajaan 92 unit truk yang sudah waktunya diganti.

“Untuk kali yang pertama transaksi pembelian 92 unit truk itu menggunakan pola yang dikembangkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah,” katanya di Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Menurutnya, manajemen perusahaan diler resmi Hino dan wakil dari Pemprov DKI Jakarta telah membahas secara mendetil rencana pengadaan truk pengangkutan sampah sesuai pola LKPP tersebut.

Sebanyak 92 unit truk Hino yang dibeli Dinas Kebersihan DKI Jakarta terdiri dari 33 unit Tipper besar dan 20 unit Tipper kecil, serta 15 unit Arm Roll besar dan 24 unit Arm Roll kecil.

Armada pengangkut sampah model Tipper dan Arm roll besar itu menggunakan produk Hino tipe Hino Ranger FG 235 JJ yang memiliki daya tampung besar, tenaga kuat, dan tangguh karena sasisnya tebal dan kuat daya tahannya.

Selanjutnya truk sampah model Tipper dan Arm Roll kecil menggunakan produk Hino Dutro tipe 130 HD yang memiliki spesifikasi heavy duty suspensi per daun dan mempunyai rangka tebal, yang cocok untuk angkutan beban berat.

Adapun harga unit truk pengakut sampah jenis Arm Roll kecil mencapai Rp371,25 juta dan Arm Roll besar Rp776 juta serta kendaraan dump truck kecil seharga Rp273 juta per unit.

Sementara itu Toshiro Mizutani, President Director PT Hino Motors Sales Indonesia, ATPM truk dan bus Hino, mengatakan Hino melakukan trobosan pemasaran dengan memanfaatkan sistem e-purchasing dengan e-catalogue LKPP.

“Pemprov DKI melalui Dinas Kebersihan DKI Jakarta melakukan pembelian 92 truk sampah melalui e-catalogue daftar harga truk sesuai penetapan LKPP tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan Pemprov DKI melalui dinas tersebut memilih truk Hino untuk peremajaan armada pengangkutan sampah di Ibu Kota dengan sistem pembelian e-purchasing tersebut yang merupakan proses pertama kali dilakukan.

Melalui sistem e-purchasing ini, lanjutnya, jumlah truk yang dibeli dapat lebih banyak dan tidak perlu lagi mengadakan lelang atau tender sehingga proses yang dilakukan menjadi lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper