Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Operasikan Pabrik Mobilio

PT Honda Prospect Motor, agen tunggal pemegang merek Honda, mengklaim pabrik barunya di Karawang Jawa Barat siap beroperasi mulai Januari 2014 dengan kapasitas 120.000 unit untuk memproduksi Honda Mobilio.

Bisnis.com, JAKARTA-PT Honda Prospect Motor, agen tunggal pemegang merek Honda, mengklaim pabrik barunya di Karawang Jawa Barat siap beroperasi mulai Januari 2014 dengan kapasitas 120.000 unit untuk memproduksi Honda Mobilio.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director Honda Prospect Motor, mengatakan pengoperasian pabrik baru itu lebih cepat dari rencana semual mulai April 2014 sehingga dapat mempercepat produksi varian terbarunya mobil low multi purpose vehicle Honda Mobilio.

“Produksi pabrik baru yang berlokasi di sebelah pabrik lama itu secara bertahap akan dingkatkan menjadi sebanyak 120.000 unit per tahun sesuai dengan kesiapan mesin produksinya, yang akan memproduksi Honda Mobilio,” katanya di Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Pabrik baru Honda yang menyerap 5.000 tenaga kerja itu, lanjutnya, berperan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan produksi seluruh tipe dan varian Honda di Indonesia yang diproyeksikan mencapai lebih dari 200.000 unit per tahun pada 2016.

Dia mengatakan volume produksi sebanyak 200.000 unit per tahun itu merupakan kumulasi dari total produksi pabrik Honda yang baru ditambahkan dengan jumlah produksi pabrik lama yang telah ditingkatkan kapasitasnya dari 60.000 init menjadi 80.000 unit per tahun.

“Kapasitas pabrik lama ditingkatkan dari 60.000 unit menjadi 80.000 unit untuk memproduksi kendaraan low cost green car Honda Brio Satya, yang sambutan pasarnya sangat positif. Sedangkan pabrik baru hanya untuk produksi Honda Mobilio,” ujarnya.

Menurutnya, Honda Brio diproduksi oleh pabrik lama, sementara pabrik yang baru hanya untuk memproduksi Honda Mobilio sehingga manajemen mengklaim dapat mendistribusikan mobil keluarga serba guna tersebut kepada konsumen mulai Februari-Maret 2014.

Jonfis mengatakan sejak dilincurkan pertama pada September 2013, Honda Mobilio langsung mendapat respon positif dari konsumen hingga terpesan mencapai lebih dari 5.000 unit dan dengan pabrik baru itu konsumen tidak terlalu lama pengiriman mobil idamannya.

Selain mengembangkan pabrik, lanjutnya, Honda menjamin kepuasan pelanggan dengan meluncurkan Honda Mobilio Prestige untuk melengkapi tiga varian Honda Mobilio yang diperkenalkan sebelumnya yaitu tiep S dan E manual, serta tipe E CVT.

Menurutnya, Honda Mobilio Prestige hadir sebagai pilihan baru dari mobil keluarga yang menawarkan tampilan lebih mewah serta fitur lebih lengkap dan canggih dengan harga terjangkau secara on the road Rp190 juta.

“Dengan varian terbaru itu kami percaya Honda Mobilio semakin memenuhi kebutuhan akan mobil keluarga bagi segala lapisan konsumen. Untuk itu kami optimistis penjualannya dapat mencapai 5% dari total penjualan Honda,” ujarnya.

Honda Mobilio dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc SOHC i-VTEC yang terbesar di kelasnya serta efisiensi bahan bakar tinggi itu dapat menghasilakan tenaga maksimal 118 Ps pada 6.600 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.800 rpm.     

Kendaraan LMPV tersebut juga memiliki fitur keselamatan yang tinggi dengan teknologi rangka bodi G-Force Control Technology (G-Con) +ACE, Dual SRS airbags serta pretensioner and load limiter seat belt.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper