Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA-PT Kawasaki Motor Indonesia, agen tunggal pemegang merek motor Kawasaki, berusaha terus membina loyalitas pelanggan dengan berbagai layanan purna jual di seluruh jaringan dilernya sehingga dapat mendongkrak penjualan mencapai minimal 5%.

Sucipto Wijono Sutjiawan, Supervisor Marketing and Research Development Marketing and Sales Division Kawasaki Motor Indonesia, mengatakan proyeksi penjualan meningkat itu juga dipicu perkembangan gaya hidup masyarakat yang lebih memilih motor sport karena lebih bergaya dan gagah.  

“Kawasaki dengan banyak tipe produknya siap memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen, terutama para eksekutif muda dan siapa pun yang ingin tampil lebih bergaya dan gagah dengan motor sport,” katanya menjawab Bisnis di Jakarta, Selasa (5/11/2013).

Menurutnya, kini banyak eksekutif muda yang ingin tampil lebih bergaya dan terlihat gagah dengan menunggang motor sport untuk beraktivitas di tengah kepadatan lalu lintas sehingga berpotensi memicu pertumbuhan penjualan Kawasaki sekitar 4%-5%.

Adapun line up motor Kawasaki yang cukup diminati konsumen, lanjutnya, meliputi antara lain motor sport premium Kawasaki Ninja IR6N, Ninja 650, Virsys, dan Z-800 serta produk terbaru Kawasaki Ninja 1000 ZX14R yang baru diluncurkan beberapa bulan yang lalu.

Dia menjelaskan Kawasaki sejak awal kehadirannya di Indonesia berkomitmen untuk mengusung motor sport dengan pertimbangan ceruk pasarnya cukup besar seiring dengan pertumbuhan populasi kelas menengah dan perekonomian nasional.

Selain itu, Sucipto menambahkan, trend baru konsumen menyukai motor sport itu semakin terbukti dengan banyaknya industri otomotif, di luar Kawasaki, yang meluncurkan produk baru atau penyegaran dengan desain lebih terkesan sporty, termasuk untuk motor jenis bebek dan skutik.

“Untuk itulah Kawasaki semakin kokoh dengan produknya berupa motor sport yang diminati banyak pelanggan di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Manajemen Kawasaki Motor Indonesia mengklaim produk motor sport merek Kawasaki tetap memimpin pasar hingga tahun depan untuk kelas motor sport 150 cc yang diwakili antara lain Ninja 150 series dan KLX150, diikuti kelas 250 cc dan 600 cc.

Komposisi motor Kawasaki kelas 150 cc mendominasi pasar hingga 60% dan sisanya sebesar 40% diisi semua kelas dari model yang lain, termasuk kelas 600 cc yang cukup tinggi permintaan pasarnya seperti Ninja ZX-6R dan ER-N/F.

Sucipto tidak menyebutkan berapa volume penjualan Kawasaki selama tahun ini. Namun, dari satu sumber mengungkapkan Kawasaki Motor Indonesia dapat menjual sekitar 160.000 unit dengan harapan pada tahun depan dapat meningkat menjadi sedikitnya 200.000 unit.

Proyeksi penjualan motor Kawasaki tersebut diklaim dapat tecapai dengan dukungan jaringan layanan purna jual yang kian berkualitas dan kehadiran sejumlah produk terbaru seperti Kawasaki Ninja 1000 yang merupakan motor premium tipe moge berkapasitas 1043 cc.

Motor yang dibekali 4 silinder dengan transmisi 6 percepatan serta menerapkan sistem pembakaran fuel injection dan pengapian secara digital itu dipasarkan dengan menyasar kalangan eksekutif muda usia 30-40 tahun yang mencintai moge tipe sport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Sumber : nurudin abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper