Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sedan Etios dalam Proses Pendaftaran Tipe di Kemenperin

Agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota tengah memroses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) untuk Etios. Jangan salah, Toyota Etios inilah bukan city car melainkan sedan.

 Bisnis.com, JAKARTA—Agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota tengah memroses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) untuk Etios. Jangan salah, Toyota Etios inilah bukan city car melainkan sedan.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) per 28 Oktober 2013 diketahui Etios sedan 1.5 transmisi manual berstatus “P”. Artinya, tanda tipe kendaraan tersebut sedang dalam proses.

Tapi saat dikonfirmasi, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku ATPM Toyota belum secara tegas membenarkan kabar itu. Padahal, dalam daftar TPT online Kemenperin tercatat pendaftaran tipe di urutan ke-162 PT TAM (ki2-iaad) untuk sedan Etios.

"Kami no komentar dulu kalau terkait pengajuan [tipe pendaftaran kendaraan] Etios ini. Harus saya cek lebih lanjut," kata Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo kepada Bisnis, Senin (28/10/2013).

Prinsipal pusat Toyota di Jepang menamai kendaraan tersebut New Etios Xclusive “the real sedan”. Mobil initerdiri dari mesin bensin dan diesel.

Untuk Etios sedan berbahan bakar bensin menggunakan 4 silinder 16 valve DOHC, bertenaga maksimum 66 KW (90 PS) pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 132 Nm saat 3.000 rpm.

Sedangkan mesin diesel dilengkapi 4 silinder 8 valve SOHC plus D-4D, tenaga terbesar 50 KW (68 PS) pada rpm 3.800 dengan torsi tertinggi 170 Nm pada 1.800 - 2.400 rpm.

Sedan 5 speed manual ini berkapasitas tangki bahan bakar 45 liter. Tersedia opsional untuk fitur keselamatan berupa kantong udara ganda SRS serta sabuk pengaman.

"Sekarang kalau Toyota Etios yang di Indonesia baru yang kami pasarkan di segmen city car sekarang ini. Sejauh ini yang sedan belum ada," ucap Rahmat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo) sejauh ini produk sedan Toyota yang sudah beredar di pasar Indonesia ialah New Vios, New Altis, New Camry, dan sedan 86. Selama Januari-September 2013 masing-masing penjualannya sebanyak 2.489 unit, 1.159 unit, 2.202 unit, dan 150 unit.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper