Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Modifikasi Mobil Sport Mentereng a la Kupu-Kupu Malam

Dibandingkan dengan mobil lain di ajang Djarum Black Autoblacktrough hari ini, Sabtu (26/10/2013), mobil berwarna merah mengkilap itu tampak beda.

Bisnis.com, JAKARTA – Dibandingkan dengan mobil lain di ajang Djarum Black Autoblacktrough hari ini, Sabtu (26/10/2013), mobil berwarna merah mengkilap itu tampak beda.

Warna merah dengan motif tribal yang menutupi body dan lampu putih terang yang kontras membuat mobil itu langsung menarik mata sebagian besar pengunjung, ada yang sekedar mengagumi sambil manggut-manggut atau bergaya centil di depan si mobil sport mentereng itu.

Adalah Kupu-Kupu Malam, sebuah bengkel modifikasi dari Yogyakarta, si empunya mobil merah tersebut.

“Kalau soal konsep, [kita memakai] konsep sport car, tapi beda. Tidak seperti mobil biasa, [kita] menggunakan single seater. Kalau dari body kita menggunakan tribal, detailnya sampai intinya,” begitu kata salah seorang kru Kupu-Kupu Malam, Tatar, saat diwawancarai Bisnis.

Bengkel yang satu ini, ternyata sudah cukup lama bergelut di bidang modifikasi mobil. Kira-kira, sejak tahun 2005, produk layanan modifikasi ini mulai ramai, kata Tatar. Dia memaparkan, minat masyarakat Yogyakarta sendiri cukup bagus, terutama kaum muda yang gemar mengutak-atik mobil mereka.

“Antusias sekali, banyak kaum muda, bisa dibilang [modifikasi mobil] nggak pernah mati,” ucap Tatar.

Setiap minggunya, ada lebih dari 20 pelanggan yang mampir ke Kupu-Kupu Malam untuk memodifikasi mobilnya. Tak melulu modifikasi total dari dalam sampai luar body. Tatar mengatakan, yang lebih banyak justru pelanggan yang mengganti atau memodifikasi bagian-bagian tertentu pada kendaraannya.

Soal harga, sangat bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Untuk modifikasi interior dan eksterior mobil rentang hargnya menurut Tatar adalah Rp10 juta-Rp50 juta. Harga itu dipatok berdasarkan spec pekerjaannya, bukan membedakan jenis mobilnya.

Untuk waktu pengerjaan, rerata penyelesaian 1 mobil dengan modifikasi total dibutuhkan waktu sekitar 2 bulan. Namun, pengerjaan bisa lebih cepat tergantung permintaan dan kesepakatan dengan pelanggan.

Bicara soal pelanggan, konsumen Kupu-Kupu Malam tak hanya berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tatar mengungkapkan, pelanggannya juga ada yang berasal dari luar Jawa, seperti Papua. Pelanggan khusus membawa mobilnya dari Papua untuk memodifikasinya di bengkel tersebut.

Penasaran dengan hasil karya Kupu-Kupu Malam? Datang saja ke Final Battle Djarum Black Autoblackthrough di Jakarta Convention Center, Senayan esok hari, Minggu (26/10/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper