Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mazda Biante Skyactive kendaraan keluarga yang sesungguhnya

Gambaran indahnya pantai dan pegunungan langsung terasa saat menerima buku panduan perjalanan menjajal mobil baru Mazda Biante Skyactiv, karena pilihan temanya yang pas, yaitu From Beach to Mountain.

Bisnis.com, JAKARTA - Gambaran indahnya pantai dan pegunungan langsung terasa saat menerima buku panduan perjalanan menjajal mobil baru Mazda Biante Skyactiv, karena pilihan temanya yang pas, yaitu From Beach to Mountain.

Perjalanan tiga hari test drive kendaraan multi purpose vehicle itu dari Jakarta ke Pangandaran Jawa Barat, diawali dengan melaju di jalan tol hingga Bandung, dilanjutkan ke jalur Nagrek, Garut, Sumedang, Tasik dan Ciamis dengan beberapa kali istirahat.

Kendaraaan dipacu dengan kecepatan tinggi, bermanauver di antara kendaraan lain untuk mencoba berbagai fiturnya, seperti paddle shifter . Dengan ibu jari dapat menekan tombol “down” di batang stir untuk menurunkan gigi saat hendak mendahului kendaraan lain.

Kenyamanan Mazda Biante Skyactiv saya rasakan, baik saat duduk di kursi deret belakang maupun di samping pengemudi. Padahal, biasanya sangat melelahkan karena jauhnya jarak mencapai lebih dari 750 km dan waktu tempuh lebih dari 10 jam.

Seusai rehat di tempat wisata Ciungwanara, Ciamis hari mulai gelap, giliran saya menyetir. Lampu depan yang terang sangat membantu untuk mencari jalan terbaik di ruas jalan rusak atau sedang diperbaiki agar tetap dapat melaju kencang.    

Penumpang tetap merasa nyaman berkat kombinasi system suspense depan MacPherson strut dan suspensi belakang multi-link  yang dapat menghadirkan rasa nyaman sekelas sedan mewah serta pengendalian lincah dan stabil layaknya mobil sport.

Memasuki kawasan pegunungan menuju Pangandaran, banyak jalan berkelok dengan tanjakan atau turunan yang tajam, sehingga berbagai fiturnya saya dieksporlaris secara masksimal untuk meraskan keunggulannya seperti fitur comprehensive control safety.

Fitur yang membuat mobil makin gesit dan responsif, didukung Dynamic Stability Control (DSC) untuk mengatur daya pengereman serta torsi mesin di setiap roda dan performa yang dihasilkan 4W-ABS serta EBD pintar untuk membantu pengemudi menghindar dari situasi membahayakan.

Dan ketika jalan mendaki, beberapa kali berhenti sebelum mendahului sejumlah truk, saya mencoba fitur hill launch assist yang secara otomatis dapat mempertahankan energi pengereman meskipun pedal rem dilepas, guna mencegah mobil meluncur turun.

Petualangan hari kedua test drive 6 unit mobil Mazda Biante Skyactiv pada 3-5 Oktober 2013, harus menyusuri jalan berbatuan ketika hendak mendekati lokasi tempat wisata sungai air deras Green Valley Citumang, Pangandaran.    

Kabin yang lapang dangan berbagai fitur keamanan yang canggih, serta dilengkapi saranan hiburan menarik, membuat tim saya beranggota tiga orang jurnalis dapat berdiskusi dan bercanda karena tidak terganggu oleh kebisingan mesin atau suara di luar.

Pengalaman itu membuktikan penyataan Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager Mazda Motor Indonesia, agen tunggal pemegang merek Mazda, bahwa Mazda Biante Skyactiv merupakan kendaraan keluarga yang sesungguhnya.

Mobil yang mengusung tagline New Mazda Biante Skyactiv Pure Enjoyment mampu menghadirkan kabin bernuansa seperti “ruang keluarga,” tempat bercengkerama yang menyenangkan antara bapak-ibu dan anak-anaknya dalam perjalanan.

Hari ketiga peserta test drive diajak ke kota Bandung merasakan fungsi teknologi I-Stop, yang dapat menghentikan putaran mesin secara otomatis saat terkejebak kemacetan lalulintas dan mesin kembali hidup hanya dalam 0,35 detik sehingga efisien bahan bakar.

Mazda mengandalkan keunggulan teknologi skyactiv untuk Mazda Biante berkompetisi dengan kendaraan sekelasnya. Dan bagi konsumen terserah pilih mana.     

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : News Editor
Sumber : nurudin abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper