Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Hal Yang Perlu Diingat Sebelum Beli Mobil Murah

Bisnis.com, JAKARTA – Sejauh ini, ada tiga prinsipal otomotif yang telah merilis produk mobil murah yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya. Dalam waktu dekat Datsun juga meramaikan kompetisi.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 18 September 2013  |  20:01 WIB
5 Hal Yang Perlu Diingat Sebelum Beli Mobil Murah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejauh ini, ada tiga prinsipal otomotif yang telah merilis produk mobil murah yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya. Dalam waktu dekat Datsun juga meramaikan kompetisi.

Namun, bagi masyarakat yang berencana memiliki mobil murah dan ramah lingkungan, nampaknya perlu hati-hati. Perlu berpikir panjang sebelum membeli. Ada beberapa hal yang musti dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. Ini lantaran adanya peringatan dari Menteri Perindustrian M.S. Hidayat:

Pertama, pemerintah mengarahkan agar mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) tidak mengonsumsi bahan bakar minyak bersubsidi.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui kehadiran mobil tersebut berpotensi menambah volume konsumsi bahan bakar ber subsidi. Kendati mesin LCGC di desain untuk konsumsi BBM di atas Ron 88 tetapi tak ada jaminan pengendara akan menuruti ketentuan ini.

Kedua, akan dibuat aturan khusus demi menertibkan konsumsi BBM oleh pemilik mobil murah itu agar subsidi anggaran tidak semakin bengkak sekaligus guna menjaga umur mesin kendaraan.

Ketiga, pengguna mobil murah dan ramah lingkungan yang mengonsumsi BBM bersubsidi bakal diganjar snaksi.

Keempat, pemerintah tengah menyiapkan sanksi untuk konsumen yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

“Sebetulnya bukan di Kemenperin, tetapi di Kemenko perekonomian sedang dirancang. Namun, bagi pemiliknya sendiri, kalau dia mnggunakan BBM di bawah RON 92, dalam waktu 1 tahun-2 tahun mobilnya rusak, tidak dapat garansi dari produsennya,” kata Menperin.

Kelima, pemerintah mengarahkan agar mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) tidak mengonsumsi bahan bakar minyak bersubsidi.

Keenam, bakal menambah kemacetan di jalan raya, terutama kawasan Jakarta dan sekitarnya. Total kendaraan yang terjual pada 2008 mencapai 607.151 unit. Dalam jangka waktu 4 tahun, jumlahnya sudah hampir dua kali lipat, yakni 1.116.230 unit pada tahun lalu.

 Daftar Harga Mobil Toyota Agya*

Toyota Agya Tipe E

Rp. 80.000.000

Toyota Agya Tipe G

Rp. 95.000.000

Toyota Agya Tipe TRD-S      

Rp. 105.000.000

*harga masih perkiraan

Daftar Harga Mobil Daihatsu Ayla*

Daihatsu Ayla Tipe D

Rp. 70.000.000 

Daihatsu Ayla Tipe M

Rp. 80.000.000

Daihatsu Ayla Tipe X            

Rp. 90.000.000

*harga masih perkiraan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil murah
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top