Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lawan Agya-Ayla, Honda Luncurkan Brio Satya 11 September

Bisnis.com, JAKARTA—Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tidak akan lama melenggang berdua di segmen mobil murah, pasalnya Honda  juga sudah siap dengan jagoannya, yakni Brio Satya!
- Bisnis.com 09 September 2013  |  13:01 WIB
Lawan Agya-Ayla, Honda Luncurkan Brio Satya 11 September
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tidak akan lama melenggang berdua di segmen mobil murah, pasalnya Honda  juga sudah siap dengan jagoannya, yakni Brio Satya!

Jonfis Fandy, Direktur Pemasan dan Purnajual PT Honda Prospect Motor—agen tunggal pemegang merek mobil Honda, mengakui pihaknya sedang menyiapkan peluncurkan calon mobil murah Honda itu.

“Peluncurannya besok lusa, tanggal 11 September,” ungkap Jonfis ketika dihubungi Bisnis hari ini, Senin (9/9/2013).

Namun, dia belum bersedia membeberkan lebih detil spesifikasi dan harga mobil yang dipastikan ikut program mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) yang digagas pemerintah itu.

Rencana Honda Prospect Motor (HPM) merilis Brio Satya bocor setelah ATPM mendaftarkan tipe mobil itu ke Kementerian Perindustrian. HPM mengajukan tanda pendaftaran tipe Honda Brio SatyaDD1 sebanyak lima varian, yakni A, E, dan S, yang semua berkapasitas mesin 1.200 cc transmisi manual.

Selain itu, HPM mendaftarkan tipe Brio DD1 juga bermesin 1.200 cc varian E dan S transmisi otomotis, tetapi tanpa embel-embel nama Satya. Mobil itu akan diproduksi di dalam negeri, terlihat dari status CKD (completely knocked-down) pada tipe yang didaftarkan ke Kemenperin.

Pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah No.  41/2013 yang memberikan diskon pajak penjualan barang mewah (PPnBM) hingga 100% bagi LCGC yang memenuhi persyaratan.  

Pabrikan diwajibkan memenuhi syarat a.l. produksi LCGC secara lokal dengan kandungan lokal hingga 80%, mesin maksimal 1.200 cc dengan konsumsi bahan bakar minimal 21 km/liter, dan mengusung nama/merek lokal. Aturan teknis mengenai LCGC sedang disiapkan oleh Kemenperin, yang diharapkan rampung akhir bulan ini.

Brio Satya akan menghadapi duo Daihatsu Ayla-Toyota Agya bermesin 1.000 cc yang sudah diperkenalkan sejak September 2012 dan diluncurkan secara resmi hari ini, Senin (9/92013).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LCGC mobil murah daihatsu ayla Toyota Agya honda satya
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top