Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow, Raja Off-Road Land Rover Defender Kini Bertenaga Listrik

Bisnis.com, JAKARTA—Rencana Land Rover membuat Defender bertenaga listrik ternyata bukan isapan jempol. Belum setahun sejak pengumuman rencana itu, Land Rover benar-benar sudah menguji coba Electric Defender pertama di Eden Project, Cornwall, Inggris.
- Bisnis.com 12 Agustus 2013  |  19:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Rencana Land Rover membuat Defender bertenaga listrik ternyata bukan isapan jempol. Belum setahun sejak pengumuman rencana itu, Land Rover benar-benar sudah menguji coba Electric Defender pertama di Eden Project, Cornwall, Inggris.

Salah satu dari banyak uji coba yang dilakukan dalam sebulan terakhir, yakni Electric Defender harus menarik empat gerbong seberat 12 ton yang dinaiki 60 pengunjung Eden Project. Kendaraan itu menunjukkan tenaga listriknya mampu menarik rangkaian gerbong itu dalam sebuah uji coba di tanjakan.

Defender 110, yang dikenal dengan nama All Terrain Electric Research Vehicle, itu masih memiliki tenaga untuk menyentuh kecepatan 112 km per jam saat mempertahankan statusnya sebagai sebuah off-roader serius.

Di samping kemampuan itu, Land Rover juga sangat fokus pada aspek pengereman regeneratif pada mobil listrik 4x4. Dengan mengaktifkan sistem Hill Descent Control untuk menguasai turunan tajam, Land Rover mengklaim lebih dari 80% energi kinetik kendaraan itu bisa dipulihkan.

Data asli dari Eden Project menunjukkan sekitar 30 kW dibalikkan ke baterei melalui metode pengereman regeneratif. Saat ini perlu 10 jam untuk mengisi ulang penuh baterei lithium mobil itu, tetapi perusahaan tersebut mengklaim waktu pengisian bisa dipersingkat menjadi hanya 4 jam dengan menggunakan teknologi fast-charge.

Electric Defender disebutkan mampu menempuh jarak 50 mile (80,5 km) dengan cadangan 12,5 mile (20 km). Jarak ini diakui relatif pendek, tetapi bisa dimaklumi karena Defender memang dilahirkan sebagai off-roader sejati yang biasa melaju pada kecepatan rendah daripada untuk ekspedisi jarak jauh.

Pada kecepatan rendah, kondisi off-road, Land Rover melaporkan mobil listriknya itu bisa dimainkan dengan mudah di medan berlumpur dengan sekali pengisian baterei. Defender plug-in itu dibekali motor listrik torsi tinggi 70 kW (90 bhp) yang menggerakkan keempat roda melalui sistem kemudi empat-roda permanen khas Land Rover.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil listrik land rover defender mobil 4x4

Sumber : gizmag

Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top