Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Honda CB150R & Verza 150 Melesat di Jatim

BISNIS.COM, SIDOARJO - PT Mitra Pinasthika Mulia, diler utama sepeda motor Honda di Jawa Timur, selama kuartal I/2013 membukukan penjualan sepeda motor Honda kategori sport di Jawa Timur sebanyak 17.916 unit, melonjak dari periode yang sama 2012 hanya

BISNIS.COM, SIDOARJO - PT Mitra Pinasthika Mulia, diler utama sepeda motor Honda di Jawa Timur, selama kuartal I/2013 membukukan penjualan sepeda motor Honda kategori sport di Jawa Timur sebanyak 17.916 unit, melonjak dari periode yang sama 2012 hanya 7.026 unit.

Bergesernya selera konsumen sepeda motor terhadap kategori sport, dari semula kategori bebek dan skutik, ditopang meningkatnya daya beli masyarakat di Jawa Timur.

Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Suwito Mawarwaty mengatakan tren penjualan sepeda motor Honda kategori sport tahun ini terus tumbuh tinggi.

Menurutnya, pada Januari 2013 MPM menguasai pangsa sepeda motor kategori sport di Jatim sebesar 17,5%, naik menjadi 29,8% pada April, dengan mengandalkan Honda CB150R dan Honda Verza 150.

“Kami memang belum menjadi pemimpin pasar, tetapi penjualan kami untuk sepeda motor kategori sport terus tumbuh dan terealisasi penjualan sebanyak 17.916 unit selama kuartal I tahun ini. Sekarang masih ada indent  4.000  unit,” ujarnya kepada wartawan di kantor MPM Part Center di Gedangan, Kab. Sidoarjo, Senin (27/5/2013).

Suwito menambahkan pihaknya menargetkan penjualan sepeda motor Honda sport rata-rata 4.000 unit per bulan, tetapi volume pasokan dari pabrik kendaraan bermotor roda dua itu di Jakarta (PT Astra Honda Motor) mengalami keterbatasan.

Kondisi tersebut mengakibatkan jangka pemenuhan terhadap para pemesan sepeda motor sport   di Jatim cukup lama yakni dua bulan.

“Kami telah meminta tambahan volume pasokan [sepeda motor sport] kepada pihak Astra Honda Motor, dan kapasitas pabriknya akan ditingkatkan mulai Juli mendatang. Diharapkan jangka pemenuhan indent bisa dipercepat,” paparnya.

Menurut Suwito, meningkatnya pertumbuhan penjualan sepeda motor sport didongkrak peningkatan daya beli masyarakat, di mana 70% pembeli motor kategori tersebut di Jatim telah memiliki motor kategori lain.

Pergeseran selera konsumen terhadap motor sport cukup laju, MPM pada kuartal I tahun lalu hanya merealisasikan penjualan 7.026 unit dan periode sama tahun ini naik menjadi 17.916 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Adam A. Chevny
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper