Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR OTOMOTIF MARET: Suzuki Terperosok, Daihatsu Rebut Lagi Posisi ke-2

BISNIS.COM, JAKARTA—Daihatsu kembali mengambil-alih posisi kedua pasar otomotif nasional, yang sempat direbut oleh Suzuki, setelah mencatatkan penjualan sebanyak 15.788 unit pada Maret atau tumbuh 15,5% dibandingkan dengan  pencapaian bulan

BISNIS.COM, JAKARTA—Daihatsu kembali mengambil-alih posisi kedua pasar otomotif nasional, yang sempat direbut oleh Suzuki, setelah mencatatkan penjualan sebanyak 15.788 unit pada Maret atau tumbuh 15,5% dibandingkan dengan  pencapaian bulan sebelumnya.

Sementara itu, Suzuki yang sempat jumawa pasca-menyalip Daihatsu dan Mitsubishi justru terperosok ke posisi kelima, setelah terkoreksi 43,6% dengan hanya mencatatkan angka penjualan 8.399 unit.  

Penurunan penjualan juga dialami oleh Mitsubishi, dengan menorehkan angka penjualan 12.690 unit atau minus 7,5% dibandingkan dengan pencapaiannya pada Februari. Mitsubishi untuk sementara menempati urutan ketiga, disusul Honda yang mecatatkan penjualan sebanyak 11.497 unit (20,6%).

Semua itu terungkap dari data penjualan mobil sementara yang direkam oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Sejauh ini, Toyota masih memimpin pasar otomotif Indonesia, meskipun pada Maret lalu mengalami penurunan 3,8% dengan torehan angka penjualan 33,981 unit.

Secara kumulatif, total penjualan mobil di Tanah Air selama periode Januari-Februari mencapai 297.785 unit atau tumbuh 18,7% dibandingkan pencapaian kuartal I/2012 yang sebanyak  97.811 unit.

Sebelumnya, pihak Suzuki Indonesia sempat jumawa dengan keberhasilannya menyalip posisi Daihatsu dan Mitsubishi pada Februari lalu. Endro Nugroho, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menilai perebutan posisi kedua tersebut mencerminkan persaingan antara Suzuki Ertiga dengan Daihatsu Xenia.

“Dengan penjualan mencapai 6.780 unit, Ertiga telah mengalahkan [Daihatsu] Xenia dengan telak,” tegasnya kepada Bisnis, Senin (04/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agust Supriadi
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper