Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOYOTA ETIOS Jadi Mobil Andalan Terbaru Kelas Hatchback

BISNIS.COM, MEDAN – PT Toyota Astra Motor menargetkan dapat meningkatan kontribusi penjualan mobil kompak (hatcback) menjadi 15% dari total penjualan keseluruhan 40.000 unit per bulan dengan diluncurkannnya Toyota Etios Valco pada Senin, 11 Maret

BISNIS.COM, MEDAN – PT Toyota Astra Motor menargetkan dapat meningkatan kontribusi penjualan mobil kompak (hatcback) menjadi 15% dari total penjualan keseluruhan 40.000 unit per bulan dengan diluncurkannnya Toyota Etios Valco pada Senin, 11 Maret 2013.

Marketing Director Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto mengatakan Toyota Etios Valco yang merupakan jenis low hatchback (mobil kompak kelas bawah) ini melengkapi varian medium hatchback (mobil kompak kelas medium) Toyata Yaris yang telah lebih dulu ada.

Pada tahun lalu mobil hatchback dari Yaris hanya berkontribusi sekitar 7% hingga 8% dari penjualan Toyota secara keseluruhan sebanyak 33.343 unit per bulan (400.122 per tahun) atau sekitar 2.300 unit hingga 2.600 unit per bulan. Sebab sebagian besar masih berasal dari jenis mobil MPV seperti Inova dan Avanza sebesar 70%.

“Kami berharap dengan adanya Etios Valco ini, penjualan hatchback bisa meningkat dari 7% menjadi 15% dari total penjualan produk Toyota,” ucapnya di sela acara Pameran Otomotif Medan 2013, Rabu (13/3/2013).

Sebelumnya ditargetkan penjualan Toyota pada tahun ini bisa mencapai sekitar 480.000 unit atau 40.000 unit per bulan sehingga penjualan hatcback diperkirakan berkisar 6.000 unit atau 15% dari total keseluruhan. Menurutnya secara nasional Toyota Etios Valco diprediksi bisa terjual hingga 3.000 unit pertahun atau sekitar 30% dari pangsa pasar low hatchback.

“Target kami di tahun pertama ini Etios Valco ini bisa terjual sekitar 2.000 unit hingga 3.000 unit per bulan dan akan meningkat di atas 3.000 unit pada tahun kedua,” tuturnya.

Mobil ini dirilis dalam tiga varian dengan jenis manual trasmisi yakni J (tertinggi), E (terendah), dan G (menengah) ini melengkapi Toyota Yaris yang merupakan jenis mobil medium hatchback yang telah lebih dulu ada. Dengan varian warnanya ialah putih, silver, hitam, abu-abu, metalik, dan biru.

Target market yang disasar menurutnya kalangan muda produktif usia 25 hingga 40 tahun dengan harga sekitar Rp135 juta hingga Rp165 juta untuk pasar Jakarta dan Rp145 juta hingga Rp172juta untuk pasar di Medan.

“Toyota Etios ini disiapkan untuk mereka yang butuh mobil kedua. Keluarga mapan sudah memiliki Inova da Avanza, ketika membutuhkan kendaraan kedua untuk anak atau pasangannya, Toyota Etios ini dinilai tepat. Saat ini baru jenis manual namun ke depan akan dikeluarkan dengan jenis matic,” ucapnya.

Sementara itu, Operational Manager Wilayah Sumatera PT Toyota Astra Motor Hendra Purnawan menargetkan penjualan Toyota Etios di Sumut ditargetkan bisa mengambil 35% dari pangsa pasar di kelasnya yang secara keseluruhan mencapai 100 unit hingga 120 unit atau sekitar 40 sampai 50 unit per bulan.

“Di Sumut target kami bisa lebih besar mengambil pasar di kelas low hatcback dengan pangsa sekitar 35%,” tuturnya.

Selain Yaris dan Etios, Toyota juga direncanakan akan meluncurkan jenis entry hatcback yakni mobil murah dan ramah lingukungan Astra Toyota Agya yang akan dipasarkan tahun ini juga. Namun, sambungnya, saat ini pihak Toyota masih menunggu izin dan peraturan dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Dewi Andriani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper