Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR SEPEDA MOTOR: Penjualan Tipe skutik Naik 34,5%

BISNIS.COM, JAKARTA--Penjualan sepeda motor sport mengalami pertumbuhan cukup signifikan mencapai 34,5% dari sebanyak 80.311 unit pada Februari 2012 menjadi 108.037 unit pada bulan lalu karena tingginya permintaan pasar dalam negeri.

BISNIS.COM, JAKARTA--Penjualan sepeda motor sport mengalami pertumbuhan cukup signifikan mencapai 34,5% dari sebanyak 80.311 unit pada Februari 2012 menjadi 108.037 unit pada bulan lalu karena tingginya permintaan pasar dalam negeri.

Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), agen tungggal pemegang merek Honda, mengatakan dari total penjualan motor sport secara nasional tersebut mencapai 29,6% di antaranya sebanyak 32.020 unit merupakan merek Honda.

"Pencapaian penjualan itu tidak terlepas dari kesediaan konsumen memilih Honda Verza 150, yang pada bulan lalu terjual sebanyak 11.873 unit sehingga dapat menyumbang sepertiga dari total penjualan speda motor sprort Honda sebanyak 32.020 unit," katanya di Jakarta hari ini, Selasa (12/3/2013).

Menurutnya, permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap varian Honda Verza 150 terlihat dari angka penjualannya mencapai 11.897 unit pada bulan lalu sehingga dapat menyumbang mencapai sekitar sepertiga terhadap total penjualan sepeda motor sport Honda pada bulan lalu.

Keberhasilan pemasaran Honda Verza 150 itu tidak terlepas dari sonsepnya yang memang didedikasikan bagi konsumen yang menginginkan motor sport dengan harga terjangkau, tetapi memiliki performa mesin yang lebih tangguh, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Dia menjelaskan sesuai data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) total penjualan seluruh segmen sepeda motor Honda pada bulan lalu mencapai 400.665 unit yang berhasil mendominasi market share hingga 61,7% dari total penjualan nasional sebanyak 649.434 unit.

Sepeda motor sport Honda Verza 150 dibekali mesin berkapasitas 150 cc, 4 Langkah dan SOHC, silinder tunggal, 5-percepatan yang telah menerapkan sistem suplai bahan bakar injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection).

Thomas mengatakan Honda Verza 150 juga mengadopsi sistem suspensi ganda yang kuat dan tangguh yakni heavy duty twin suspension untuk menunjang beban optimal sebagai kendaraan sehari-hari, baik pribadi, bersama keluarga maupun untuk keperluan usaha dalam berbagai kondisi jalan.

Untuk itu, lanjutnya, selain Honda Verza 150, pertumbuhan pangsa pasar motor sport Honda pada bulan lalu juga ditopang oleh pencapaian penjualan Honda CB150R StreetFire sebanyak 12.285 unit yang diluncurkan ke pasar lebih awal dari Honda Verza 150.

Model sepeda motor sport lainnya dari keluarga Honda dan juga mendapat respon cukup positif dari konsumen berdasarkan dari pencapaian penjualan Honda New MegaPro sebesar 4.025 unit, Honda Tiger sebesar 1.016 unit, dan Honda CBR series sebesar 2.821 unit.

Dia juga mengungkapkan AHM semakin mengukuhkan posisinya sebagai raja skutik setelah menoreh angka penjualan sebanyak 284.682 unit pada bulan lalu sehingga dapat menguasai pangsa pasar mencapai 70% dari kue pasar skutik nasional pada Februari 2013.

Sepeda motor skutik Honda BeAT series masih menjadi penyumbang terbesar mencapai 51,7% terhadap total penjualan skutik Honda dengan angka penjualan sebanyak 147.193 unit. Disusul Honda Vario series menempati posisi kedua dengan angka penjualan 114.124 unit.

Selain itu, lanjutnya, penjualan sepeda motor Skutik New Honda Scoopy FI selama bulan lalu mencapai 14.083 unit, Honda Spacy series sebanyak 8.673 unit, dan Honda PCX sebesar 609 unit pada Februari 2012.

Menurutnya, posisi Honda sebagai "raja bebek" belum tergoyahkan hingga sekarang, dengan menoreh angka penjualan pada bulan lalu sebanyak 83.963 unit atau 62,3% dari total pasar sepeda motor bebek nasional.

"Angka penjualan sepeda motor bebek Honda tersebut juga disumbang oleh Honda Supra series sebesar 38.716 unit, Honda Revo series sebesar 31.273 unit, dan New Honda Blade sebesar 13.974 unit," tegasnya.

Thomas merasa perlu untuk mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang tetap menyambut dengan positif segala inovasi produk dan layanan Honda dengan aneka produk berkualitas serta menjadi andalan di kelasnya dan lebih hemat konsumei bahan bakar minyak.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Others
Sumber : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper