Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mercedes-Benz Catat Rekor Penjualan 1,18 Juta Mobil di Semester 1 2018, Ini Model Terlarisnya

Mercedes-Benz mencatat kembali kuartal terkuat dalam sejarah perusahaan. Pada periode April-Juni 2018, pabrikan mobil Jerman ini meraih angka penjualan sebanyak 594.528 unit (+1,9%).
Mercedes-Benz S 500. /Daimler
Mercedes-Benz S 500. /Daimler

Bisnis.com, STUTTGATR - Mercedes-Benz mencatat kembali kuartal terkuat dalam sejarah perusahaan. Pada periode April-Juni 2018, pabrikan mobil Jerman ini meraih angka penjualan sebanyak 594.528 unit (+1,9%).

Capaian tersebut membuat kinerja penjualan Mercedes-Benz sepanjang setengah tahun pertama lebih banyak ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.

Sejak awal tahun, pabrikan berlogi bintang berujung tiga ini mengirimkan 1.188.832 unit produknya ke pelanggan di seluruh dunia, atau bertumbuh 3,9% dari pada semester pertama tertinggi sebelumnya pada 2017.

Dalam 6 bulan pertama, Mercedes-Benz adalah merek premium dengan angka registrasi terbanyak di beberapa pasar, seperti Jerman, Prancis, Rusia, Swiss, Portugal, Korea Selatan, Australia, Amerika Serikat, dan Kanada.

Dengan angka penjualan 203.783 unit, Juni adalah bulan dengan penjualan tertinggi kedua sejak awal tahun (-2,6%). Angka-angka bulan lalu dipengaruhi antara lain oleh kebakaran di pemasok AS. Ini berarti produksi SUV yang lebih rendah secara signifikan untuk pasar dunia di pabrik Mercedes-Benz di Tuscaloosa dan penjualan kurang dari yang direncanakan.

“Berkat kinerja tim yang luar biasa, kami dapat melihat kembali setengah tahun paling sukses dalam sejarah Mercedes-Benz: dengan lebih dari 1,18 juta mobil terjual dalam 6 bulan pertama, kami telah meletakkan dasar yang baik untuk tahun yang sukses. 2018,” kata Britta Seeger, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG yang bertanggung jawab atas Pemasaran & Penjualan Mobil Mercedes-Benz, katanya Kamis (6/7/2018).

Dia mengatakan bahwa Mercedes-Benz A-Class baru telah mendapat sambutan yang sangat sukses dari pasar. Mercedes-Benz akan meluncurkan C-Class baru pada Juli. "Dua model volume ini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan penjualan Mercedes-Benz di paruh kedua tahun ini.”

Wilayah dan Pasar

Di Eropa, Mercedes-Benz menjual 476.790 mobil pada semester pertama tahun ini (-1,5%), sedikit lebih rendah dari capaian dibandingkan dengan periode yang sama 2017, yang sejauh ini terbaik.

Sekitar sepertiga penjualan di Eropa disumbangkan oleh pasar Jerman dengan angka lebih dari 150.000 unit (-0,2%). Di Prancis, Spanyol, Swedia, Polandia, dan Denmark, penjualan Mercedes-Benz bertumbuh.

Mercedes-Benz menyelesaikan paruh pertama tahun ini di kawasan Asia-Pasifik dengan penjualan terbaik yang pernah ada, yang meningkat dua digit 12,5% menjadi 493.358 unit.

Kontribusi terbesar untuk pertumbuhan ini berasal dari China dengan angka penjualan340.164 unit (+16,2%). Peningkatan penjualan juga tercatat di pasar Korea Selatan, Jepang, India, Thailand, dan Malaysia.

Di wilayah NAFTA, Mercedes-Benz mencatat angka penjualan 191.249 unit (-1,1%). Pasar AS mengontribusi penjualan 158.848 unit (-1,9%). Di Kanada dan Meksiko, Mercedes-Benz menetapkan rekor penjualan baru dalam 6 bulan pertama tahun ini.

Penjualan Model

Penjualan Saloon S-Class meningkat 27,5% menjadi 43.106 unit pada semester pertama tahun ini. Pertumbuhan penjualan model mewah sangat kuat di pasar terbesar andalan China, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jerman. Mercedes-Maybach S-Class Saloon menetapkan rekor baru di paruh pertama tahun ini. Sejak peluncuran pasarnya, lebih dari 30.000 unit kini telah diserahkan kepada pelanggan.

Permintaan untuk Saloon dan Estate E-Class meningkat. Sejak awal tahun, penjualan meningkat ke rekor baru 182.135 unit (+ 0,1%). Versi long-wheelbase dari Saloon E-Class sangat populer di setengah tahun pertama; sama seperti versi long-wheelbase dari Saloon C-Class, itu memposting pertumbuhan sangat kuat dan rekor penjualan baru.

Meskipun produksi terbatas model GLE dan GLS pada bulan lalu, model SUV dari Mercedes-Benz ini mencapai rekor penjualan baru pada semester pertama tahun ini: total 422.645 unit GLA, GLC, GLC Coupé, GLE, GLE Coupé, GLS dan G-Class dikirim ke pelanggan di seluruh dunia (+ 9,8%). Ini terutama karena terdorong oleh model terlaris SUV, GLC.

Smart

Pada Juni 2018, Smart Fortwo dan Smart Forfour mencatatkan angka penjualan 13.000 Unit, 5,0% lebih banyak terjual dibandingkan dengan capaian pada Juni tahun lalu.

Di seluruh dunia, penjualan sejak awal tahun merek Smart tercatat 65.660 unit (-6.0%), di mana pasar terbesar Jerman mencatat pertumbuhan dua digit (+21,2%). Ini terutama karena keberhasilan model Smart listrik.

Merek Smart merayakan ulang tahunnya yang ke-20 pada akhir Juni: Model Smart pertama melaju dari jalur perakitan di pabrik di Hambach pada 1 Juli 1998. Sejak itu, lebih dari 2,2 juta unit microcars perkotaan telah diserahkan kepada pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper