Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaikindo sambut Positif Kesiapan Pertamina Pasok BBM Euro 4 di Luar Jawa

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyambut positif langkah PT Pertamina yang siap memasok dan mendistribusikan bahan bakar bensin kualitas Euro 4 ke beberapa kota di Indonesia.
Truk pengangkut BBM Pertamina bersiap melakukan distribusi./JIBI-Dwi Prasetya
Truk pengangkut BBM Pertamina bersiap melakukan distribusi./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyambut positif langkah PT Pertamina yang siap memasok dan mendistribusikan bahan bakar bensin kualitas Euro 4 ke beberapa kota di Indonesia.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengungkapkan, setidaknya pasokan bahan bakar bensin berkualitas Euro 4 tersedia di kota-kota tersebut.

Dalam surat Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK kepada Gaikindo tertulis PT Pertamina siap memasok dan mendistribusikan bahan bakar bensin kualitas Euro 4 terutama untuk wilayah Palembang, Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Banyuwangi, dan Labuan Bajo.

“Kalau awal di situ dulu enggak apa-apa, yang penting ada. jangan sampai enggak ada,” kata Jongkie kepada Bisnis pada Senin (2/4/2018).

Dia menjelaskan, pabrikan otomotif di dalam negeri akan mulai memproduksi kendaraan bermotor mobil dengan kualitas standar Euro 4 pada Agustus tahun ini mengingat pada September 2018 kendaraan roda empat yang dijual sudah harus sesuai standar Euro 4.

Asosiasi, lanjutnya, tidak meminta bahan bakar bensin dengan kualitas Euro 4 bisa tersedia di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada tahap awal. Setidaknya terdapat satu SPBU dengan kualitas Euro 4 di setiap kota. “[Pada tahap awal] kita selalu bilang tidak perlu di setiap SPBU ada. paling tidak di satu kota ada. [misal] terdapat 10 SPBU, dua yang ada [Bahan bakar bensin Euro 4] cukup,” katanya.

Dalam surat Kementerian LHK ke Gaikindo tertulis kendala yang dihadapi oleh PT Pertamina selama ini dalam melakukan distribusi bahan bakar berkualitas Euro 4 adalah masih banyak jenis bahan bakar dengan kualitas di bawah standar Euro 4. Masih banyak bahan bakar di bawah standar Euro 4 mengganggu sistem distribusi dan penyimpanan bahan bakar bensin berkualitas Euro 4.

Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina Muchamad Iskandar mengungkapkan jenis Pertamax Turbo untuk Jabodetabek sudah berjalan dan akan diperluas ke seluruh Pulau Jawa secara bertahap menyesuaikan kesiapan infrastruktur.

Menurutnya, bahan bakar bensin dengan kualitas euro 4 tidak bisa tidak bisa dicampur dengan produk yang ada stoknya saat ini. Dia menambahkan, untuk wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten pada Maret 2018 sudah siap Pertamax Turbo standar surfur Euro 4 di 317 SPBU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper