Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Royal Enfield Kenalkan Mesin 650 cc Teranyar

Royal Enfield menampilkan motor dengan kapasitas mesin 650 cc dua silinder pertama di Pusat Teknologi Leicestershire, Inggris.
Screeshot/royalenfield.com
Screeshot/royalenfield.com

Bisnis.com, JAKARTA – Royal Enfield menampilkan motor dengan kapasitas mesin 650 cc dua silinder pertama di Pusat Teknologi Leicestershire, Inggris.

Mesin ini akan menjadi sumber tenaga untuk generasi teranyar merek motor asal India tersebut.

Gagasan inti di balik terciptanya mesin dua silinder 650 cc ini adalah untuk mengembangkan platform mesin global yang dapat membawa sejarah dan karakter asli Royal Enfield ke dalam konteks yang lebih modern.

Royal Enfield menyebut mesin ini dirancang secara khusus agar dapat memberikan keseimbangan antara daya, torsi dan fungsi sehingga dapat menawarkan pengalaman berkendara yang halus dan tidak mengintimidasi.

Platform mesin berkapasitas 648 cc dua silinder paralel 4 stroke, single overhead cam (SOHC), dan berpendingin udara ini dikembangkan tim Pusat Teknologi Royal Enfield di Inggris dan Chennai, India. 

Dirancang khusus untuk dapat berakselerasi dan memberikan daya serta torsi lebih tinggi pada RPM yang lebih rendah, mesin baru ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan daya maksimum sebesar 47 bhp dan torsi hingga 52 Nm.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, mesin sepeda motor ini mempertahankan rasio kompresi 9,5:1 dan sistem injeksi bahan bakar.

Sejumlah elemen juga ditambahkan, mulai dari single-piece forged crankshaft (pertama untuk Royal Enfield) yang menjamin kekuatan dan kemampuan untuk menangani torsi ganda.

Crankshaft ini menggunakan firing order 270 derajat. Selain itu, berkat penggunaan poros penyeimbang, mesin ini diklaim tidak lagi menghasilkan getaran yang mengganggu.

Adapun mesin twin 650cc ini merupakan hasil yang membanggakan bagi Royal Enfield, sebagai jantung dari lini sepeda motor lain yang menarik di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper