Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indomobil (IMAS) Bakal Produksi Lokal Maxus Mifa 9, Siap Lawan Alphard Cs

Pabrikan otomotif Indomobil (IMAS) bakal memproduksi lokal Maxus Mifa 9.
Maxus Mifa 9/saicmaxus.co.uk
Maxus Mifa 9/saicmaxus.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten Grup Salim, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS), melalui anak usahanya, PT Indomobil Energi Baru bakal memproduksi lokal mobil multi-purpose vehicle (MPV) listrik premium, Maxus Mifa 9 yang digadang-gadang menjadi rival Toyota Alphard.

Nantinya, Maxus Mifa 9 akan resmi melantai secara perdana di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 pada 22 November-1 Desember 2024.

Secara tampilan, Maxus Mifa 9 setipe dengan MPV premium lain yang sudah beredar di Indonesia, seperti Toyota Alphard, Lexus LM, hingga Nissan Elgrand, tetapi dengan garis desain lebih sporty dan tajam. Adapun, Maxus Mifa 9 merupakan mobil listrik berbasis baterai (BEV).

Chief Operating Officer PT Indomobil Energi Baru Yudhy Tan mengatakan produksi lokal Maxus Mifa 9 diharapkan akan memberikan keuntungan lebih bagi konsumen di Indonesia, memungkinkan MPV premium listrik ini dipasarkan dengan harga di bawah Rp1,1 miliar.

"Kami bangga dapat memproduksi Maxus Mifa 9 di dalam negeri sebagai bagian dari komitmen kami terhadap pengembangan kendaraan listrik di Indonesia," ujar Yudhy dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (26/10/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan sebagai mitra kerja sama yang dipercaya oleh SAIC-Maxus, Indomobil Group memiliki komitmen dan strategi jangka panjang dalam mengembangkan Maxus di Indonesia. 

"Komitmen ini diperkuat dengan dukungan penuh Indomobil Group terhadap kebijakan pemerintah dalam pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia, Maxus Mifa 9 telah didaftarkan dalam program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai [KBLBB] yang dicanangkan oleh pemerintah," katanya. 

Sebagai informasi, MPV premium listrik Maxus Mifa 9 akan mendapatkan fasilitas bea masuk dalam masa transisi. Langkah ini diambil untuk mendukung percepatan adopsi kendaraan listrik di Tanah Air sekaligus mendukung program pemerintah dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

"Dengan harga yang lebih kompetitif dan kualitas premium, kami percaya Maxus Mifa 9 akan menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari kendaraan ramah lingkungan dengan tingkat kenyamanan dan performa yang tinggi," pungkasnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, emiten Grup Salim itu mengumumkan telah menjadi distributor mobil asal China, yakni Maxus pada Juni lalu. IMAS melalui anak usahanya, PT Indomobil Energi Baru telah teken perjanjian kerja sama dengan SAIC MAXUS Automotive Co Ltd.

Direktur Utama Indomobil Sukses Internasional Jusak Kertowidjojo menyampaikan pihaknya telah memperoleh dokumen kesepakatan antara SAIC MAXUS Automotive Co., Ltd dan PT Indomobil Energi Baru pada 20 Juni 2024.

"Disepakati bahwa Indomobil Energi Baru telah ditunjuk sebagai distributor kendaraan bermotor merek Maxus beserta pelayanan purna jual, termasuk suku cadang dan aksesorisnya di Indonesia," ungkap Jusak dalam keterbukaan informasi BEI.

Sebagaimana diketahui, IMAS rajin menambah portofolio mobil listriknya dengan berbagai merek mulai dari China hingga Eropa. Tak hanya Maxus, IMAS juga membentuk joint venture dengan produsen mobil listrik China, GAC AION.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper