Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elon Musk Kenalkan Van Listrik Tanpa Sopir Robovan

CEO Tesla Elon Musk memperkenalkan Robovan dalam gelaran We Robot yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat.
Tampilan desain bus listrik tanpa sopir Robovan milik Tesla/Tesla
Tampilan desain bus listrik tanpa sopir Robovan milik Tesla/Tesla

Bisnis.com, JAKARTA - CEO Tesla Elon Musk resmi memperkenalkan Robovan dalam gelaran We Robot yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat Kamis (10/10/2024) malam waktu setempat.

Robovan adalah kendaraan listrik tanpa sopir seukuran bus, yang dirancang untuk mengangkut orang di area padat penduduk. Menurut Musk, kendaraan ini dapat mengangkut hingga 20 orang dan mengangkut barang.

"Kami akan membuatnya dan tampilan Robovan akan seperti itu [seperti bus]," kata Elon Musk melansir dari Techcrunch, Jumat (11/10/2024).

Robovan memiliki tampilan retro futuristik seperti bus dari The Jetsons dan pemanggang roti dari tahun 1950-an. Mobil ini memiliki sisi metalik berwarna perak dengan detail hitam dan garis-garis cahaya yang membentang sejajar dengan tanah di sepanjang sisinya, dengan pintu yang dapat digeser keluar dari tengah. 

Di dalam Robovan, terdapat kursi dan ruang untuk berdiri dengan jendela berwarna di seluruh bagiannya. Mobil ini tidak memiliki ruang kemudi dikarenakan Robovan merupakan mobil tanpa pengemudi.

Meski resmi mengenalkan Robovan pada We Robot kemarin malam, Elon tidak menyebutkan berapa harga jual Robovan dan kapan tanggal perilisan dari mobil tanpa pengemudi ini. 

“Salah satu hal yang ingin kami lakukan adalah kami ingin mengubah tampilan jalan. Masa depan harus terlihat seperti masa depan,” ucapnya.

Robovan yang dipamerkan pada hari Kamis hanyalah prototipe dan tidak ada yang tahu seperti apa bentuk aslinya atau kapan mobil ini akan diperjualbelikan.

Hal ini dikarenakan Elon yang tidak menguraikan rencana apa pun untuk membangun fasilitas produksi baru atau merombak fasilitas yang ada untuk mengakomodasi Cybercab atau Robovan.

Ia juga tidak memberikan banyak informasi tentang jadwal untuk Robovan, meskipun Elon memprediksi mobil ini bakal mulai diproduksi pada tahun 2026 atau 2027.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper