Jalan Jauh Pake Mobil Listrik Bebas Khawatir dengan Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 dibekali fitur vehicle to load, yakni fitur yang memiliki pasokan arus listrik tipe AC dan dapat digunakan untuk mengisi daya peralatan elektronik
Foto: Jalan Jauh Pake Mobil Listrik Bebas Khawatir dengan Hyundai Ioniq 5
Foto: Jalan Jauh Pake Mobil Listrik Bebas Khawatir dengan Hyundai Ioniq 5

Bisnis.com, JAKARTA—Sebagai kendaraan resmi KTT Asean 2023 hingga World Water Forum 2024, Hyundai Ioniq 5 menjadi produk unggulan yang dibawa Hyundai pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Ioniq 5 sudah dibekali dengan fitur vehicle to load, yakni fitur yang memiliki pasokan arus listrik tipe AC dan dapat digunakan untuk mengisi daya peralatan elektronik. Fitur ini menggunakan arus listrik yang diperoleh dari dua sumber yang dipakai secara bersamaan sehingga menghasilkan daya listrik.

Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia Arie Hermawan mengatakan dengan fitur ini, pengendara tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang melakukan perjalanan jauh karena dapat melakukan pengisian baterai walaupun mobil sedang berjalan.

Jalan Jauh Pake Mobil Listrik Bebas Khawatir dengan Hyundai Ioniq 5

Selain itu, Ioniq 5 juga hanya memerlukan waktu kurang lebih 18 menit untuk dapat mengisi daya hingga 80% saat pengisian arus DC 350 kW. Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama yang menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yang dirancang khusus Hyundai Motor Group untuk model mobil listriknya.

“E-GMP memungkinkan IONIQ 5 untuk memiliki kapasitas baterai yang besar (58 Kwh untuk Standard Range dan 72,6 KWh untuk Long Range) serta memungkinkan pengisian daya menggunakan ultra fast charging dan kompatibilitas dengan berbagai infrastruktur pengisian daya,” tambah Arie.

Sebagaimana mobil Hyundai lainnya, Ioniq 5 juga dilengkapi dengan Hyundai Blue Link yang membuat pengalaman berkendara semakin nyaman dan aman seiring dengan adanya personalisasi kendaraan, kontrol jarak jauh, pengelolaan pengisian daya, hingga update fitur navigasi.

“Jadi bisa juga mengatur secara melalui Hyundai Blue Link untuk start atau stop charging kendaraan. Status charging juga bisa dipantau,” jelasnya.

Eksterior Hyundai Ioniq 5 memadukan nuansa analog dan pixel digital sehingga memberikan kesan orisinil dan tidak lekang oleh waktu. Parametric pixel led dan clamshell hood dari tampak depan memberikan karakter Hyundai Ioniq 5 yang tajam dan kuat. Pada tampak belakang pun juga menggunakan desain parametric pixel yang memberikan kesan yang sama dengan bagian depan.

Sementara dari samping, gagang pintu otomatis flush door handles dan hidden charging port door memperlihatkan gaya permukaan yang mulus dan meningkatkan efisiensi aerodinamis.

Ioniq 5 juga sudah dilengkapi dengan vision roof dan universal island sebagai tempat konsol yang fleksibel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan ruang pengguna. Selain itu, material interior juga menggunakan bahan kulit. Pada bagian kabin, material terbuat dari material ramah lingkungan yang hanya dapat ditemukan pada Hyundai Ioniq 5.

Dari segi performa, Hyundai Ioniq 5 tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 8,5 detik. Untuk tipe Prime Long Range dan Signature Long Range bahkan mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 7,4 detik.

Ioniq 5 juga mempunyai paddle shifter untuk regenerative braking yaitu sebuah sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah deselerasi. Hyundai Ioniq 5 pada tipe Signature juga ditanami perangkat Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dapat membantu memberikan rasa aman selama mengemudi.

“Ini salah satunya forward collision-avoidance assist yang dirancang secara baik untuk mencegah atau mengurangi efek tabrakan ke depan pada mobil tersebut,” tambah Arie.

Dari kenyamanan, berbagai fitur serba digital dengan teknologi terkini diantaranya Premium Relaxation Seats, 12.3” TFT LCD Cluster with Integrated A/V System, Wireless Phone Charger, Dual Zone Auto Climate Control, BOSE Premium Sound System.

Harga Hyundai OTR Jakarta mulai dari Rp713 juta untuk Ioniq 5 Prime Standard hingga Rp816 juta untuk Ioniq Signature Long Range. Kunjungi booth Hyundai di GIIAS 2024 di Hall 10 - 10B ICE, BSD City, pada 18–28 Juli 2024 untuk merasakan langsung pengalaman berkendara dengan IONIQ 5.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper