Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Bakal Tambah Investasi US$78 Juta untuk Pabrik di Filipina

Toyota Motor bakal menambah investasi senilai 4,4 miliar peso atau US$78,2 juta di Filipina untuk mengembangkan dua model mobil baru.
Pabrik Toyota di Jepang. /Toyota
Pabrik Toyota di Jepang. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Motor bakal menambah investasi senilai 4,4 miliar peso atau US$78,2 juta di Filipina untuk mengembangkan dua model baru yang rencananya bakal dirancang untuk pasar negara berkembang.

Melansir dari Nikkei Asia pada Rabu (23/8/2023), Ketua Toyota, Akio Toyoda mengatakan terdapat potensi besar dalam hal pertumbuhan industri di Filipina baik dari sisi bisnis maupun teknologi. Selain itu, penambahan investasi ini juga sebagai upaya antisipasi tingginya pertumbuhan di Asia Tenggara.

"Saya benar-benar percaya ada potensi besar untuk pertumbuhan di sini, baik dari sudut pandang bisnis maupun teknologi," ujar Akio pada upacara di Manila untuk memperingati 35 tahun berdirinya anak perusahaan lokal Toyota Motor Filipina seperti dikutip dari Nikkei Asia.

Nantinya investasi pabrik Toyota di provinsi Laguna, Filipina akan digunakan untuk memproduksi model di bawah proyek Innovative International Multi-purpose Vehicle yang merupakan strategi produksi dan penjualan kendaraan dengan harga terjangkau yang mulai pada awal 2024

Adapun, kendaraan yang akan dijual dan diproduksi melalui pabrik itu akan menyesuaikan dengan kebutuhan lokal dari negara-negara berkembang seperti di Filipina. Profil dari kendaraan ini pun memiliki dimensi yang tinggi, dan ruang kargo yang luas.

Sejak berdiri pada 1998, Toyota Motor Filipina telah menjual 2,2 juta unit kendaraan di Filipina, dengan 1 juta unit diantaranya merupakan produksi lokal. Sebanyak 73,7 miliar peso pun telah digelontorkan sejak tahun 2000.

Dalam acara peringatan 35 tahun berdirinya Toyota di Filipina, pabrikan asal Jepang tersebut juga meluncurkan model-model barunya seperti taksi minibus Jeepney yang sudah mengaspal di Filipina.

Toyota juga sebelumnya mengumumkan komitmen tambahan investasi di Indonesia sebesar Rp27,1 triliun sampai 2026. Tambahan investasi ini nantinya akan menambah kapasitas produksi empat pabrik Toyota yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat dan Sunter, Jakarta Utara.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, sebelumnya mengatakan sejauh ini investasi Toyota di Indonesia telah mencapai Rp77,9 triliun sehingga tambahan investasi tersebut akan membuat total investasi mencapai Rp105 triliun pada 2026.

"Dengan investasi tersebut, kapasitas produksi di PT TMMIN per tahun telah mencapai 320.000 unit kendaraan serta 440.000 unit engine dan part," ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper