Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kongsi Samsung SDI- Stellantis Bakal Bangun Pabrik Baterai EV di AS

Samsung SDI bersama produsen mobil asal Prancis-Italia, Stellantis, berencana membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Amerika Serikat
Ilustrasi pengguna sedang mengisi baterai mobil listrik./ Dok. Freepik.
Ilustrasi pengguna sedang mengisi baterai mobil listrik./ Dok. Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen baterai asal Korea Selatan, Samsung SDI bersama produsen mobil asal Prancis-Italia, Stellantis berencana membangun pabrik baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Amerika Serikat.

Dilansir dari Reuters pada Senin (24/7/2023), CEO Stellantis Carlos Tavares mengatakan pihaknya masih meninjau lokasi pabrik dan menyelesaikan proses transaksi.

Selain itu, pihaknya masih perlu menghitung berapa banyak jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, serta dana yang dibutuhkan dalam investasi pabrik tersebut.

"Fasilitas baru ini akan berkontribusi untuk mencapai target agresif kami untuk menawarkan setidaknya 25 kendaraan listrik baterai baru untuk pasar Amerika Utara pada akhir dekade ini," kata CEO Stellantis Carlos Tavares seperti dikutip dari Reuters.

Adapun Stellantis telah mengumumkan rencananya untuk memproduksi 100 persen penjualan mobil penumpang atau passenger car dalam bentuk listrik di Eropa, serta 50 persen dalam bentuk mobil hybrid dan truk ringan di AS pada 2030.

Demi mencapai target tersebut, kapasitas baterai yang dibutuhkan mencapai 400 gigawatt jam (GWh), sedangkan dalam tahap awal pabrik tersebut mampu memproduksi hingga 34 GWh baterai.

"Pabrik kedua akan mempercepat penetrasi pasar kami ke AS," kata CEO Samsung SDI Yoon-ho Choi dalam pernyataannya.

Pada 2021 lalu, kongsi Stellantis-Samsung SDI mengumumkan rencana investasi hingga US$35 miliar untuk produksi EV dan perangkat lunak secara global hingga 2025. 

Kemudian pada 2022, mereka melakukan investasi lebih dari US$2,5 miliar untuk membangun pabrik baterai yang akan dibuka di Kokomo, Indiana pada kuartal I/2025. Secara bertahap, investasi pabrik ini akan terus meningkat hingga US$3,1 miliar.

Dalam tahap awal, kapasitas produksi pabrik ini mencapai 23 GWh, dan nantinya akan mengalami peningkatan sampai 33 GWh dengan pekerja yang mencapai 1.400 orang.

Sebelumnya, Stellantis telah melaksanakan pembangunan pabrik baterai dengan LG Energy Solution di Windsor, Kanada. Pabrik yang akan dibuka pada 2024 tersebut akan menciptakan sekitar 2.500 lapangan pekerjaan dan memproduksi hingga 45 GWh per tahunnya.

Sementara, Samsung SDI dan General Motors telah melakukan nilai investasi pabrik hingga US$3 miliar di Amerika Serikat yang rencananya dibuka pada 2026. Pabrik itu memiliki kapasitas produksi 30 GWh per tahun dan mempekerjakan 1.700 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper