Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Usulkan SIM Seumur Hidup, Belum Ada Negara Lain yang Melakukan

Belum ada negara yang menerapkan masa berlaku seumur hidup untuk SIM.
Cara Pendaftaran SIM Online melalui Aplikasi SINAR / Korlantas Polri
Cara Pendaftaran SIM Online melalui Aplikasi SINAR / Korlantas Polri

Bisnis.com, JAKARTA – DPR RI protes peraturan pembuatan dan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM). Bahkan, Anggota Legislatif mengusulkan SIM berlaku seumur hidup. 

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat Benny K Harman mengemukakan kritiknya agar pembuatan SIM tidak dijadikan “alat jualan” oleh oknum-oknum yang mampu meloloskan permintaan SIM. Pendapat itu dilontarkan saat Rapat Dengar Pendapat di Komisi III DPR RI dengan Korlantas Polri, pada Kamis (6/7/2023).

Buntutnya, Benny mengusulkan penghapusan masa berlaku SIM. Tes yang menjadi syarat utama dapat dibenahi untuk menjadi tolak ukur saklek yang membuat SIM seumur hidup bisa selalu kredibel dan relevan.

Jika dibandingkan dengan berbagai negara lain di dunia, belum ada negara yang menerapkan kebijakan SIM seumur hidup. Rata-rata negara mewajibkan pemilik SIM memperbarui SIM miliknya dalam jangka waktu beberapa tahun.

Negara-negara bagian di Amerika Serikat, misalnya. Mayoritas negara bagian menentukan waktu 4–8 tahun untuk masyarakat memperbarui SIM mereka. Di sejumlah negara seperti Florida, Nevada, dan Virginia menetapkan rentang pembaruan SIM yang lebih singkat untuk masyarakat lanjut usia.

Melansir situs Insurance Information Institute, Jumat (7/7/2023), pembaruan SIM di Florida, Nevada, dan Virginia diwajibkan 8 tahun sekali untuk usia dewasa hingga sebelum lansia. Di Florida, pembaruan SIM wajib dilakukan 6 tahun sekali jika pemilik sudah memasuki usia 80 tahun, sementara di Nevada dilakukan 4 tahun sekali jika pemilik sudah memasuki usia 65, dan di Virginia dilakukan 5 tahun sekali jika pemilik sudah memasuki umur 75.

Hal serupa juga diterapkan di Australia, yang mana pembaruan SIM wajib dilakukan 3 tahun sekali untuk pemilik di bawah usia 75 tahun dan 2 tahun sekali untuk pemilik usia 75 tahun ke atas.

Tentunya setiap negara menentukan kebijakan yang berbeda. Di Jepang, SIM diperbarui 3 tahun setelah pemilik pertama kali mendapatkannya, lalu 5 tahun sekali setelahnya.

Belum ada negara yang menerapkan masa berlaku seumur hidup untuk SIM. Hal tersebut untuk menjaga relevansi dengan kondisi pemilik yang mungkin berubah dalam beberapa waktu.

Sementara itu, negara bagian dengan masa berlaku SIM paling lama adalah Arizona. Menurut situs resmi Arizona State Legislature, SIM berlaku hingga pemiliknya berusia 65 tahun.

Setelahnya, pemilik harus memperbarui SIM setiap 5 tahun sekali. Namun, sejumlah status khusus seperti siswa luar negeri, anggota keluarga personel militer yang menetap sementara, dan lainnya dikecualikan memiliki SIM dengan masa berlaku hingga usia 65 tahun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper