Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Porsche Produksi Speedboat Listrik, Intip Spesifikasi dan Harganya

Porsche bersama Frauscher mengumumkan akan mengembangkan speedboat bertenaga listrik yang diberi nama 850 Fantom Air.
Perkembangan kontruksi pabrik Porsche Leipzig. /Porsche
Perkembangan kontruksi pabrik Porsche Leipzig. /Porsche

Bisnis.com, JAKARTA – Porsche bersama Frauscher, perusahaan pembuat kapal asal Austria mengumumkan akan mengembangkan speedboat bertenaga listrik yang diberi nama 850 Fantom Air. Rencananya, speedboat ini akan mulai didistribusikan pada 2024.

Melansir Bloomberg, Senin (3/7/2023), 850 Fantom Air yang panjangnya 8,7 meter mengambil model 858 Fantom Air produksi Frauscher dengan desain interior tambahan yakni dudukan helm serta jok dan pelapis.

Speedboat ini akan menggunakan teknologi penggerak yang sama dengan Macan EV, mobil listrik produksi Porsche yang akan datang, termasuk dalam penggunaan baterai lithium-ion berkapasitas total sekitar 100 kilowatt/jam, motor listrik, dan elektronik daya terkait lainnya yang terhubung dengan teknologi 800 volt.

Dirancang untuk penggunaan harian, 850 Fantom Air dapat mengangkut sembilan penumpang. Penumpang dapat menikmati fasilitas renang serta fasilitas tambahan lain seperti kursi berjemur, sound system premium, dan kulkas.

Porsche belum mengumumkan detail spesifikasi performa dari speedboat ini, termasuk jarak tempuh, waktu pengisian daya, serta kecepatan dan tenaga maksimum.

Namun diketahui, sama halnya dengan Macan EV nanti, pengguna Frauscher x Porsche 850 Fantom Air dapat mengisi dayanya di stasiun pengisian daya cepat DC atau melalui pengisian daya AC.

Saat ini, speedboat listrik yang beredar di pasaran relatif berat dan hanya cocok untuk pelayaran santai. Misalnya Duffy 18 Snug Harbor dengan kecepatan tertinggi 6 mil per jam dan Hinckley Dasher yang sumber dayanya baterai lithium-ion BMW i3 40kWh dengan jangkauan sekitar 40 mil dengan kecepatan tempuh 7 knot atau 8 mph.

Sebagai informasi, 850 Fantom Air bukan kendaraan air pertama yang dikeluarkan Porsche. Sebelumnya, Porsche Design, studio dan merek Ferdinand Alexander Porsche yang didirikan pada tahun 1972, merilis Porsche Fearless 28.

Speedboat yang dirilis pada 2007 itu dibuat menyerupai supercar Porsche Carrera GT, menggunakan mesin V-10 yang juga digunakan pada mobil Dodge Viper.

Merek-merek besar lainnya diketahui juga pernah terjun ke kendaraan listrik. Di antaranya Fisker bersama Benetti yang mendesain superyacht (kapal pesiar super) seharga US$37 juta pada 2016 dan Lamborghini bersama Technomar yang membuat kapal pesiar seharga US$3,5 juta tahun lalu.

Diketahui 850 Fantom Air dengan estimasi harga US$655.000 belum habis terjual selagi Porsche menerima pesanan. Menurut juru bicara Porsche, informasi lebih lanjut akan diumumkan pada September nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper