Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Gandeng Mahasiswa UI Kembangkan Teknologi Brio Satya

Akademisi dari Universitas Indonesia akan mengembangkan teknologi Honda Brio Satya yang akan digunakan sebagai masukan produsen mobil asal Jepang itu.
Honda Brio./Dok. Istimewa
Honda Brio./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) menyalurkan bantuan 1 unit mobil Brio Satya untuk dikembangkan oleh akademisi Universitas Indonesia (UI).

Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Yusak Billy mengatakan, pemberian unit mobil tersebut bertujuan untuk mengembangkan teknologi mobil yang dibutuhkan di masa depan.

“Kami juga memberikan donasi berupa Charging Station yang berlokasi di area parkir gedung rektor UI dan satu unit mobil Honda Brio Satya untuk pengembangan teknologi yang sesuai di masa yang akan datang,” kata Billy dalam acara kerja sama Honda Prospect dengan UI di Depok, Senin (26/6/2023).

Dia mengatakan pengembangan mobil tersebut diserahkan ke akademisi baik mahasiswa maupun tenaga pengajar UI, nantinya hasil riset maupun pengembangan ini akan diterima oleh Honda sebagai masukan untuk teknologi mobil Honda ke depannya.

“Kita akan terima masukan dari akademisi dari UI dan tim mahasiswa, pengajar disini [UI] tentang teknologi ke depan seperti apa,” tambahnya.

Di sisi lain, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Dedi Priadi menyampaikan Honda Brio merupakan salah satu kendaraan popular di Indonesia, sehingga sangat cocok untuk diteliti maupun dibedah teknologinya.

Kemudian, mengenai Honda Brio tersebut ditransformasi menjadi mobil listrik, Dedi menyerahkannya kepada mahasiswa UI. Dia menambahkan bahwa untuk melakukan konversi kendaraan pembakaran internal atau ICE ke listrik bukan persoalan. Pasalnya, kampus UI disebut telah melakukan konversi bus BBM menjadi listrik sebelumnya.

“Iya jadi kita aja sudah bisa konversi, sudah bus combustion jadi listrik, ini beda kan bus listrik [juga] bisa. Nah, yang mobil-mobil kecil saya rasa [bisa], cuman kita ingin tahu teknologinya di Brio ini,” ujar Dedi.

Honda Prospect baru saja menandatangani kerja sama dengan UI untuk mendorong ekosistem EV di Indonesia.

Dalam kemitraan tersebut Honda meminjamkan dua unit mobil listrik Honda e, satu unit sepeda motor Honda PCX Electric dan satu unit power product Honda’s LiB-AID E500 yang akan digunakan untuk mobilitas dan kegiatan pembelajaran di lingkungan UI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper