Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mudik Lebaran Pakai Vespa Matik Agar Aman dan Nyaman

Bagian yang harus dicek sebelum mudik adalah kondisi kaki-kaki Vespa Matik seperti velg, kondisi ban, dan shockbreaker, serta kondisi pengereman.
Nilai sejarah pada Vespa GTV Sei Giorni II diyakini dapat menarik kalangan pencinta Vespa di Tanah Air. /Vespa
Nilai sejarah pada Vespa GTV Sei Giorni II diyakini dapat menarik kalangan pencinta Vespa di Tanah Air. /Vespa

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan roda dua saat Lebaran 2023 karena dinilai rawan dari segi keselamatan, namun pilihan berkendara tetap ada pada pemudik. 

Bagi pemudik yang terpaksa menggunakan sepeda motor, khususnya jenis skuter Vespa matik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar selamat sampai tujuan.

Salah satu tips yang penting diketahui untuk pengguna Vespa matik sebelum mudik Lebaran adalah melakukan pengecekan di bagian mesin dan CVT, baik secara mandiri maupun di bengkel spesialis Vespa.

"Pastikan bahwa Vespa yang akan digunakan untuk mudik berada dalam kondisi mesin yang sehat dan prima. Dengan begitu, Vespa matik bisa digunakan untuk melewati berbagai kondisi medan jalan secara mudah," ujar Founder Bengkel Scooter VIP Dennil Sagita dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (20/4/2023).

Dia menganjurkan pengguna Vespa matik untuk mengecek kondisi pelumas mesin dan oli gardan. Idealnya, pemeriksaan rutin kondisi oli mesin dan oli gardan Vespa matik dilakukan setiap 1.000 km atau 3 bulan pemakaian. Kemudian, oli mesin wajib diganti setelah digunakan sejauh 5.000 km atau 6 bulan tergantung mana yang lebih cepat.

Kemudian, bagian yang perlu diperhatikan adalah CVT atau Continuously Variable Transmission yang merupakan sistem transmisi daya dari mesin menuju ban belakang menggunakan sabuk atau belt yang menghubungkan antara pulley primer dengan pulley sekunder.

"Maka dari itu, CVT perlu dirawat secara berkala agar performa Vespa matik tetap optimal. Hal pertama yang harus dirawat adalah V-belt. V-belt merupakan komponen penting dalam bagian CVT yang menghubungkan puli primer [penggerak] dengan puli sekunder [yang digerakkan]," ujarnya.

Kondisi V-Belt idealnya harus diperiksa secara berkala setiap 8.000 km dan umumnya usia pemakaian V-belt sampai dengan 24.000 km. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, kondisi V-belt dapat terkontrol dengan baik, sehingga tanda-tanda awal kerusakan seperti retak-retak atau aus dapat lebih dini diketahui.

Masalah yang mungkin timbul jika V-belt aus adalah bunyi berdecit dan akselerasi yang menurun, atau yang terburuk V-belt putus. Selain itu, V-belt yang bermasalah dapat memengaruhi ketahanan dan kinerja roller weight. V-belt yang bermasalah juga dapat menyebabkan roller peyang. 

Selanjutnya bagian yang harus dicek sebelum mudik adalah kondisi kaki-kaki seperti velg, kondisi ban, dan shockbreaker, serta kondisi pengereman dalam keadaan baik.

Pasalnya, jalanan yang dilalui ketika mudik tidak selamanya mulus, maka kondisi kaki-kaki perlu diperhatikan agar tidak berakibat fatal nantinya.

Bagian lainnya yang perlu dicek adalah kondisi filter oli dan filter udara yang harus dibersihkan, serta kondisi penerangan seperti lampu depan, belakang, dan lampu sein.

"Jangan lupa juga bagi pengendara untuk beristirahat jika lelah atau mengantuk, karena kurang istirahat dapat berakibat fatal. Gunakan juga helm, jaket, persiapkan jas hujan di bagasi, dan kapasitas Vespa matik tidak boleh melebihi 2 orang ya," ujar Dennil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper