Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rapor Penjualan Mobil Listrik Januari 2023, Siapa Terlaris?

Gaikindo mencatat rapor penjualan mobil listrik terlaris per Januari 2023.
Ilustrasi pengguna sedang mengisi baterai mobil listrik./ Dok. Freepik.
Ilustrasi pengguna sedang mengisi baterai mobil listrik./ Dok. Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja penjualan mobil listrik termasuk hybrid Januari 2023 di Indonesia mencapai 1.790 unit. Hyundai Ioniq 5 dan Kijang Innova Zenix keluar sebagai juara pada masing-masing segmen BEV dan HEV.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Hyundai berhasil membukukan penjualan Ioniq 5 sebanyak 234 unit. Jumlah tersebut tumbuh signifikan 444 persen secara bulanan (month to month/ mtm).

Kemudian, Wuling Air ev yang sebelumnya selalu menduduki posisi puncak penjualan mobil listrik Tanah Air. Kali ini, mobil buatan perusahaan Negeri Tirai Bambu itu harus puas di posisi kedua penjualan mobil listrik murni.

Pasalnya, kinerja Air ev pada awal tahun ini mengalami penurunan yang sangat signifikan. Mengacu pada data yang sama, Air ev mencatatkan penjualan 35 unit, merosot 98 persen dibanding bulan sebelumnya.

Kemudian posisi selanjutnya dihuni oleh merek mewah dari Toyota, yakni Lexus UX 300e yang berhasil dilego 18 unit, diikuti bZ4X dan Nissan Leaf masing-masing mencatatkan penjualan 7 unit dan 4 unit.

Secara keseluruhan penjualan mobil listrik jenis BEV pada Januari 2023 terpantau lesu karena hanya mampu membukukan 298 unit. Jumlah tersebut meningkat 727 persen atau tumbuh 262 unit secara tahunan (year on year/yoy).

Sementara, penjualan mobil listrik hybrid mencapai 1.492 unit pada bulan lalu. Mengacu data yang sama, Kijang Innova Zenix varian hybrid tercatat berhasil diboyong sebanyak 1.465 unit. 

Hasil tersebut membuat mobil ini melesat jauh meninggalkan pesaingnya pada segmen mobil hybrid Tanah Air. Sebab, pada posisi dua terlarisnya saja hanya terjual 11 unit, yang dihuni Nissan Kick E-Power.

Sementara, Wuling Almaz hybrid yang merupakan pesaing terdekat Zenix tahun lalu, terjerembab dengan perolehan penjualan cuma 4 unit. Padahal, kinerja penjualan mobil ini pada Desember 2022 mampu mencatatkan penjualan 222 unit.

Daftar Mobil Listrik Terlaris Januari 2023

Mobil Listrik Murni atau BEV

  1. Hyundai Ioniq 5 : 234 unit
  2. Wuling Air ev : 35 unit
  3. Lexus UX300e : 18 unit
  4. Toyota bZ4X : 7 unit
  5. Nissan Leaf : 4 unit

Hibrida atau HEV 

  1. Kijang Innova Zenix Hybrid : 1.465 unit
  2. Nissan Kicks E-Power : 11 unit
  3. Lexus ES300h  : 5 unit
  4. Wuling Almaz Hybrid : 4 unit 
  5. Toyota Corolla Cross : 4 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper