Kenali Kelebihan dan Kekurangan Cicilan Mobil Bekas

Membeli mobil dengan membayar cicilan mobil bekas di tiap bulannya menjadi pilihan akhir-akhir ini.
Foto: Kelebihan dan Kekurangan Cicilan Mobil Bekas/Mobbi
Foto: Kelebihan dan Kekurangan Cicilan Mobil Bekas/Mobbi

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli mobil dengan membayar cicilan mobil bekas di tiap bulannya menjadi pilihan akhir-akhir ini. Harga mobil baru yang tinggi tentunya mendorong masyarakat untuk membeli mobil bekas walaupun dengan sistem kredit.

Mobil yang dulunya merupakan barang tersier kini sudah menjadi kebutuhan yang bisa membantu mobilitas si pemilik. Apalagi dengan kemudahan mendapatkan mobil bekas dengan uang muka yang ringan.

Namun demikian, sistem kredit mobil bekas ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Kondisi mobil
    Salah satu kekurangan membeli mobil bekas tentu saja adalah kondisi fisik mobil yang kurang prima bila dibandingkan dengan mobil baru. Pada mobil bekas pastinya ada kerusakan yang bisa ditemukan walaupun sedikit. Performa yang dimiliki pun akan berbeda walaupun mobil bekas masih dalam kondisi yang baik.

  2. DP ringan
    Saat membeli mobil bekas secara kredit, tentu uang muka yang harus dikeluarkan akan lebih sedikit bila dibandingkan dengan mobil baru. Kemudahan ini tentunya akan meringankan beban si pembeli.

    Hal ini merujuk pada peraturan Bank Indonesia bahwa kendaraan bermotor akan dikenai uang muka minimal sebesar 25% dan maksimal 35% dari harga mobil.

  3. Suku bunga
    Saat membeli mobil bekas secara kredit, suku bunga akan menjadi lebih tinggi daripada mobil baru. Hal ini disebabkan oleh resiko kerusakan mobil bekas yang lebih tinggi daripada mobil baru. Ini menjadi salah satu kekurangan kredit mobil bekas.

  4. Garansi dan asuransi
    Mobil baru biasanya telah dilindungi oleh asuransi dan garansi saat terjadi pembelian. Berbeda halnya dengan mobil bekas. Pembeli harus mengurus sendiri asuransi dengan memenuhi beberapa syarat yang sudah ditetapkan.

  5. Proses pembelian lebih cepat dan mudah
    Kelebihan dari pembelian mobil bekas secara kredit, kamu bisa mendapatkan mobil dengan proses yang cepat dan mudah. Administrasinya tentu saja tidak seribet ketika mengurus mobil baru.

  6. Pembayaran cicilan mobil bekas ringan
    Kelebihan lain dari mobil bekas adalah, cicilan yang akan kamu bayar tentu lebih rendah dari cicilan mobil baru. Hal ini disebabkan oleh harga mobil baru tentunya lebih mahal sehingga cicilannya tentu juga besar.

    Kamu bisa memanfaatkan beberapa layanan yang disediakan oleh situs penjualan mobil bekas seperti mobbi, oto.com, dan lain-lain. Biasanya mereka menyediakan rincian pembayaran untuk pembelian baik tunai maupun kredit.

  7. Harga jual rendah
    Mobil bekas tentu saja memiliki harga jual yang relatif rendah bila dibandingkan dengan mobil baru. Kamu bisa mendapatkan kerugian dari penjualan mobil bekas karena harganya yang semakin turun.

Itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan membeli mobil secara kredit. Membeli mobil kredit atau tunai hendaknya disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing sehingga tidak memberatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper