Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piaggio Group Pamer Vespa Batik Seharga Rp77 juta

Piaggio Group pamerkan Vespa hasil kolaborasi dengan Indonesia, yakni Vespa Batik yang dibanderol seharga Rp77 juta.
Tampilan Vespa Batik edisi spesial dari Piaggio Group/Bisnis-Anshary Madya Sukma
Tampilan Vespa Batik edisi spesial dari Piaggio Group/Bisnis-Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA – Piaggio Group memamerkan Vespa hasil kolaborasi dengan Indonesia, yakni Vespa Batik yang dibanderol seharga Rp77 juta, menyusul diresmikannya pabrik pertamanya di Indonesia.

Skuter kolaborasi ini menggunakan model LX 125-i yang dirancang bersama dengan pakar dan konsultan Batik Premium Iwan Tirta.

“Kita juga bisa lihat hari ini ada perkawinan antara Italia dan Indonesia di mana Vespa mengenalkan spesial edisi yang disebut Vespa Batik. Ini perkawinan sangat positif antara teknologi dari Italia dan kearifan lokal dari Indonesia, yaitu batik,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang saat berkunjung ke pabrik Piaggio Group di Cikarang, Jawa Barat, dikutip Kamis (21/11/2022).

Vespa ini memiliki pola batik utama yang diadaptasi dari motif tradisional 'Tambal Jagad', pola batik ini memiliki filosofi mendalam yang menggambarkan kolase dari berbagai motif batik. Pola batik Vespa ini memiliki tujuh pola yang mewakili wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Pola desain Vespa batik ini mewakili tujuh wilayah di Indonesia, antara lain Kalimantan, batik Perisai yang berarti proteksi dan ketahanan; Jawa Barat, batik Megamendung yang berarti kemakmuran dan kehidupan; Papua, batik Ayam Kasuari yang berarti kekuatan dan panjang umur; Sumatra, batik Sokowani yang berarti pesona dan karisma; Nusa Tenggara, batik Tenun Ikat Menjangan yang berarti ingatan dan warisan; Jawa Tengah, batik Kawung yang berarti kepemimpinan dan kebijaksanaan; dan Bali, batik Poleng yang melambangkan keseimbangan.

Ketujuh pola batik ini disematkan mulai dari dek tengah hingga body samping skuter asal Italia ini. Selain itu, pola batik ini juga terdapat pada aksesoris motor, yakni box belakang dan helm.

Dari segi spesifikasi, Vespa Batik ini dilengkapi dengan mesin 125 cc yang menghasilkan tenaga 7.6 kW pada 7,600 rpm dan torsi 10,2 Nm pada 6.000 rpm. Adapun, Vespa edisi spesial ini hanya tersedia dengan warna green relax.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper