Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Listrik di Thailand Tembus 71.000 Unit Hingga Oktober

Volume penjualan mobil listrik jenis BEV dan PHEV jauh tertinggal dibanding segmen HEV di Thailand.
Honda HRV 2022 e-HEV. /Honda
Honda HRV 2022 e-HEV. /Honda

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja penjualan mobil listrik di Thailand hingga Oktober 2022 tembus 71.249 unit. Angka tersebut diperoleh dari penjualan mobil listrik segmen BEV, HEV, dan PHEV.

Volume penjualan didominasi oleh segmen Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang jauh lebih tinggi dibanding segmen Battery Electric Vehicle (BEV) maupun Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Berdasarkan data Electric Vehicle Association of Thailand (EVAT), penjualan mobil listrik HEV terbaru periode Januari-Oktober 2022 menorehkan angka 54.445 unit, sedangkan mobil listrik segmen BEV terjual sebanyak 7.113 unit dan PHEV sebanyak 9.691 unit.

Secara kumulatif, jumlah populasi kendaraan listrik di "Negeri Gajah Putih" yang meliputi teknologi HEV, BEV, dan PHEV mencapai 318.065 unit hingga Oktober 2022.

Secara rinci, angka tersebut didapatkan dari penjualan HEV sebanyak 250.748 unit, PHEV sebanyak 40.790 unit dan BEV 26.527 unit. Jumlah volume penjualan BEV dan PHEV jauh tertinggal dibanding segmen HEV di Thailand.

Untuk diketahui, tren elektrifikasi otomotif di Thailand terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Realisasi penjualan mobil listrik di Thailand tahun ini naik 33 persen secara year-on-year (yoy) dibanding periode sama tahun 2021 sebanyak 239.109 unit.

Sebagai informasi, Thailand juga memiliki infrastruktur yang memadai untuk menunjang masyarakat yang memiliki kendaraan listrik. Hal itu terlihat dari jumlah stasiun pengisian daya kendaraan listrik di Thailand yang mencapai 855 titik.

Sementara itu di Indonesia, jumlah penjualan mobil listrik yang mencakup teknologi BEV, HEV, dan PHEV pada Oktober 2022 tercatat sebanyak 2.813 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik segmen BEV pada Oktober 2022 tembus 2.157 unit. Dominasi mobil listrik segmen BEV ditopang oleh penjualan Wuling Air ev sebanyak 1.629 unit.

Penjualan mobil listrik hybrid (HEV) di Tanah Air sebanyak 646 unit, beberapa unit mobil hybrid di antaranya yakni Suzuki All New Ertiga Hybrid, Wuling Almaz Hybrid, dam Corolla Cross Hybrid. Sementara segmen PHEV dilego sebanyak 10 unit yakni Mitsubishi Outlander PHEV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper