Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ogah Pakai Mobil Listrik, Ini Tunggangan 11 Pemimpin Negara di G20 Bali

Ada beberapa pemimpin negara yang membawa kendaraan dengan keamanan tingkat tinggi di G20, seperti Joe Biden dan Xi Jinping.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 16 November 2022  |  23:56 WIB
Ogah Pakai Mobil Listrik, Ini Tunggangan 11 Pemimpin Negara di G20 Bali
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Presiden RI Joko Widodo, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menggelar konferensi pers di auditorium Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11 - 2022). Bisnis/Akbar Evandio.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kendaraan yang digunakan para pemimpin negara selama kunjungannya di Bali dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 turut menjadi sorotan. 

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan 44 unit mobil model Genesis G80 khusus dibuat untuk kepala negara dalam ajang KTT G20 Bali. Namun, kendaraan ini masih belum dilengkapi dengan lapisan baja atau kaca antipeluru.

Oleh sebab itu, ada beberapa negara yang lebih memilih kendaraan lain untuk melindungi kepala negaranya dari kemungkinan ancaman senjata.

Berikut kendaraan yang digunakan oleh para kepala negara saat menghadiri KTT G20 di Bali:

Cadilac One yang digunakan Presiden AS Joe Biden saat tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20/YouTube Setpres

1. Cadilac One 'The Beast'

The Beast merupakan mobil dinas kepresidenan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang diboyong ke Bali untuk menghadiri KTT G20.

Melansir media Inggris, The Sun, mobil ini memiliki sederet fitur keamanan tingkat tinggi, seperti pintu mobil yang memiliki berat setara dengan pintu pesawat komersial Boeing 757.

Jendela mobil ini memiliki ketebalan 5 inci yang tahan peluru. Tak hanya itu, tunggangan Joe Biden tersebut juga diklaim dapat menangkal berbagai serangan senjata kimia dan biologis.

Mobil berkapasitas 5000cc tersebut juga memiliki tangki bensin dan undercarriage yang tahan terhadap ledakan ketika terjadi benturan dan membuatnya hampir tidak bisa ditembus.

Bahkan, pegangan pintu mobil presiden AS terdapat aliran listrik, serta memiliki peralatan komunikasi elektronik yang luas dengan sambungan langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon.

Mobil kepresidenan yang digunakan oleh Presiden China Xi Jinping saat akan menghadiri KTT G20 Bali/YouTube Setpres

2. Hongqi N701


Selanjutnya, Presiden China Xi Jinping membawa mobil kepresidenannya sendiri, yakni Hongqi N701. Dilansir dari carnewschina.com, limousine ini memiliki panjang lebih dari lima meter, dengan lebar lebih dua meter, dan kaki-kaki mobil yang relatif pendek.

Spesifikasi Hongqi N701 masih jarang diungkap ke publik. Namun, limousine ini dikabarkan dilengkapi dengan mesin V12 atau V8 turbocharged yang mampu mengeluarkan tenaga 360 hp dan torsi 550 Nm.

Tidak seperti ketangkasan 'The Beast' milik Biden yang dijelaskan secara gamblang. Mobil milik Presiden China ini sangat minim informasi, akan tetapi Hongqi N701 dipastikan sudah memiliki kemampuan kaca anti peluru dan bodi lapis baja.

3. Mercedes Benz S Class

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol lebih memilih mobil antipeluru dari Jerman, yakni Mercedes-Benz S600 Guard.

Mobil ini merupakan kendaraan antipeluru yang telah memiliki sertifikasi tingkat ketahanan B6/B7 dengan sederet fitur keamanan seperti sistem pemadam kebakaran, tangki bensin self-sealing, dan run-flat tire.

Mobil lapis baja ini dikabarkan dapat menahan apa pun mulai dari senapan serbu hingga granat DM51. Kendati demikian, armor yang disematkan ke mobil premium ini tidak mengubah kinerja, kualitas berkendara, atau sistem kendaraan lainnya,

4. Mercedes-Benz G-Class


Presiden Prancis Emmanuel Macron menggunakan Mercedes Benz G 500 Guard untuk perlindungannya selama di Bali. Macron lebih memilih SUV klasik dari basis G-Class yang memiliki perlindungan kelas VR7, dibekali mesin V8 5.500 cc.

Mobil yang digunakan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan saat tiba di Bali/YouTube Setpres

5.Mercedes Maybach S600 Guard


Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan memakai Mercedes-Maybach S600 Guard untuk menemani perjalanannya di G20 Bali. Versi terbaru mobil ini dibekali perlindungan antipeluru yang sesuai dengan Directive Bullet Resistant Vehicles (BRV) Versi 2. Mobil ini juga telah mendapat sertifikasi Explosive Ressistant Vehicle 2010 yang tahan terhadap serangan ledakan dari samping maupun dari bagian kolong mobil. Bahkan, mobil milik Erdogan ini mampu menahan serangan rudal balistik hingga level VR10.

6. Toyota Land Cruiser S200


PM Kanada Justin Trudeau, PM Inggris Raya Rishi Sunak, PM Australia Anthony Albanese, dan PM Italia Giorgia Meloni memilih mobil besutan Jepang, yakni Toyota Land Cruiser untuk menemani perjalanan di G20 Bali.

SUV ikonik andalan Toyota ini dipastikan sudah dipasangkan lapisan baja, kaca antipeluru dan perlindungan kuat pada tangka BBM untuk melindungi perdana menteri yang datang ke G20.

7. Audi A8L Security


Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan memilih mobil anti peluru dari merek Audi dengan model A8L Security untuk keamanan di G20 Bali. Audi A8L Security memiliki fitur antipeluru VR9.

Memiliki berat hampir empat ton, mobil ini dilengkapi lapisan baja dan beberapa perangkaat tambahan untuk melindungi penumpangnya. Misalnya, sistem pemadam kebakaran yang menampilkan nosel di bagian bawah bodi mobil, rumah roda, tangki bahan bakar, dan di bawah kap. Kotak lapis baja juga terpasang di bagasi berisi elektronik untuk komunikasi rahasia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top