Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Agustus Moncer Meski Dibayangi Inflasi, Gaikindo Optimistis Target Tahunan Tercapai

Meskipun dibayangi lonjakan inflasi dan bunga acuan, Gaikindo meyakini sektor komoditas dan melandainya Covid-19 bisa dongkrak penjualan mobil.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 14 September 2022  |  15:23 WIB
Penjualan Agustus Moncer Meski Dibayangi Inflasi, Gaikindo Optimistis Target Tahunan Tercapai
Display penjualan mobil baru di salah satu dealer Honda di Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menilai pertumbuhan penjualan mobil pada Agustus 2022 diungkit kenaikan sektor komoditas hingga kembali normalnya aktivitas ekonomi seiring melandainya Covid-19. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) penjualan mobil pada Agustus meningkat menjadi 96.956 unit atau naik 12,4 persen month to month (mtm) dibandingkan penjualan Juli sebanyak 86.245 unit.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan peningkatan penjualan pada Agustus didorong oleh beberapa hal. Pertama, adanya pameran mobil yang berlangsung pada bulan tersebut. Kedua, Gaikindo melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2022 menunjukan capaian positif.

"Mencapai 5,44 persen kan pertumbuhan kita. Ketiga juga harga komoditi belakangan cukup bagus. Berartikan adanya gerakan ekonomi yang dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi kita yang mencapai 5,44 persen," jelas Kukuh kepada Bisnis, Rabu (14/9/2022).

Gaikindo juga melihat saat ini kondisi pandemi Covid -19 dapat dikendalikan sehingga kegiatan masyarakat dan proyek sudah kembali berjalan.

Kukuh mengungkapkan jika dari data Gaikindo, terlihat peningkatan signifikan disumbangkan segmen kendaraan komersial atau niaga. Peningkatan penjualan ini mulai dari dari segala model, mulai dari pikap, truk dan bus. 

"Kendaraan komersial kan indikator, dibeli  bukan untuk jalan -jalan, tapi untuk kegiatan ekonomi. Kalau bergulir terus kan pemicu kegiatan ekonomi lainnya, efek berantai yang menarik," jelas Kukuh

Adapun, penjualan mobil secara wholesales pada Januari hingga Agustus tumbuh menjadi 658.233 atau naik 21,1 persen year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Melihat hal ini pihak Gaikindo pun optimistis dapat meraih target penjualan sebanyak 900.000 unit pada akhir tahun.

"[Karena itu] target kita masih sama di 900.000 unit, mudah -mudahan bisa tercapai," tutup Kukuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil penjualan mobil Mobil Baru Penjualan Mobil gaikindo Gaikindo
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top