Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wuih! Gandeng Goto dan Pertamina, IBC Siap Masuk Ekosistem Baterai Swab Tahun Ini

Indonesia Battery Corporation (IBC) mematok target tahun ini untuk meluncurkan portofolio di sektor bisnis penukaran baterai kendaraan listrik.
Perakitan baterai untuk mobil listrik/ Bloomberg
Perakitan baterai untuk mobil listrik/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) bakal  memaksimalkan portofolio bisnis dengan menjajaki ekosistem tukar baterai atau swap battery pada tahun ini. 

SVP Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengatakan IBC bakal menggandeng Gojek Tokopedia (Goto) dan PT Pertamina (Persero) untuk mengembangkan bisnis tersebut dalam waktu dekat. 

“IBC bersama para shareholders, dalam hal ini termasuk MIND ID, akan mengembangkan bisnis Swap Battery System, di mana pilot project-nya dimulai tahun ini melalui kolaborasi dengan Gojek dan Pertamina,” kata Heri melalui keterangan tertulis, Selasa (14/6/2022). 

Ihwal pengembangan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Heri mengatakan, IBC bakal berkolaborasi dengan para shareholders untuk mengintensifkan pengembangan ekosistem tukar baterai tersebut. 

“Para shareholders IBC memiliki peran yang lebih besar dalam pengembangan charging station kendaraan listrik tersebut,” tuturnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga mengoperasikan 14 unit battery swapping station di tujuh lokasi green energy station (GES) Pertamina. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa Subholding Commercial & Trading tersebut telah resmi mengoperasikan 14 unit Battery Swapping Station dengan 212 baterai yang tersebar di 7 lokasi GES. 

Perluasan jangkauan stasiun pergantian baterai motor listrik itu menjadi salah satu infrastruktur yang diperlukan untuk membentuk ekosistem motor listrik secara menyeluruh.

"Kami akan terus memperluas jaringan Battery Swapping Station di Indonesia," katanya saat konferensi pers ujicoba ekosistem motor listrik di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper