Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Spek Navya Arma, Mobil Listrik Otonom Buatan Jepang yang Diujicoba di BSD City

Mobil listrik yang diujicobakan sebagai sarana transportasi di BSD City, bernama Navya Arma. Berikut ini spek mobil tersebut.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 21 Mei 2022  |  04:39 WIB
Mobil listrik otonom, Navya Arma, yang diujicobakan oleh Sinar Mas Land di BSD City -  Sinar Mas Land
Mobil listrik otonom, Navya Arma, yang diujicobakan oleh Sinar Mas Land di BSD City - Sinar Mas Land

Bisnis.com, JAKARTA - Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corp resmi melakukan uji coba autonomous electric vehicles atau kendaraan listrik tanpa awak di BSD City pada 20 Mei 2022, tepat sesuai rencana yang telah digulirkan keduanya.

Peresmian uji coba kendaraan listrik otonom dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono dan sejumlah pejabat lainnya di Q Big BSD, Jumat (20/05/2022).

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land Irawan Harahap menyatakan kesiapan BSD City untuk dukung ekosistem kendaraan listrik.

“Untuk menjadi kota pintar yang terdepan, kami menyiapkan BSD City untuk tanggap terhadap beragam alternatif solusi kehidupan masyarakat di masa depan. Ini membuat Research and Development menjadi salah satu agenda penting dalam transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city. Keberadaan BSD City sebagai testbed untuk kendaraan listrik tanpa awak juga mewujudnyatakan kesiapan kota mandiri ini untuk futuristic and green mobility,” paparnya.

Uji coba ini akan berlangsung hingga satu tahun ke depan. Adapun, proyek ini sebenarnya merupakan proyek yang juga melibatkan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Akhir tahun lalu, Mitsubishi Corporation (MC) mengumumkan bahwa usaha patungannya dengan Macnica Inc. (Macnica). Usaha patungan ini memanfaatkan dukungan dari JICA untuk melakukan proof-of-concept (PoC) self-driving pilot project di Bumi Serpong Damai(BSD) City.

Dukungan JICA datang melalui rencana keduanya untuk membantu usaha kecil dan menengah dalam upaya mereka untuk menumbuhkan, memvalidasi, dan mengkomersialkan bisnis yang bertujuan membantu mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) PBB. JICA mengumumkan dukungan putaran kedua ini pada tahun fiskal 2020.

Macnica sendiri telah mempromosikan operasi manajemen kota pintar baik di Jepang maupun di seluruh dunia. Perusahaan ini adalah bisnis baru dan contoh dari apa yang ingin Mitsubishi bangun sebagai penggerak pendapatan generasi mendatang.

"Kami juga yakin akan potensi mereka sebagai model bisnis yang dapat secara efektif menggabungkan platform data digital yang lahir dari transformasi digital (DX) dengan inisiatif transformasi energi [EX] yang ditujukan untuk dekarbonisasi," tulis Mitsubishi dalam rilis tahun lalu (10/12/2021).

Adapun, mobil listrik yang diujicobakan sebagai sarana transportasi di BSD City, bernama Navya Arma.

Kendaraan memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Masyarakat umum dapat turut mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile. Kemudahan akses transportasi dan mobilitas di BSD City akan menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Sinar Mas Land kepada warga dan masyarakat luas.

Adapun, Navya sendiri berhasil mendulang sukses di negara asalnya. Pada 22 Desember 2017, dua shuttle otonom berhasil dioperasikan di distrik Marunouchi Naka Dori, Jepang. Di balik uji coba tersebut pun ada nama Softbank di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mitsubishi bsd city sinar mas land Kendaraan Listrik IKN
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top