Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan Tinggi tapi Cip Langka, Penjualan Motor Tersendat

Kelangkaan cip atau semikonduktor membuat penjualan motor nasional tersendat sepanjang 2022.
Ilustrasi sepeda motor
Ilustrasi sepeda motor

Bisnis.com, JAKARTA – Mulai tumbuhnya ekonomi dan tingginya permintaan pasar tahun ini ternyata tidak sebanding dengan kemampuan produksi. Masalah cip atau semikonduktor membuat penjualan motor nasional tersendat sepanjang 2022.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), distribusi motor dari Januari sampai April atau sepanjang tahun ini (year to date/ytd) untuk pasar domestik sebanyak 1.702.058 unit, sedangkan ekspor 224.236 unit.

Penjualan untuk dua sektor tersebut turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Pasar domestik pada 2021 sebesar 1.766.852 dan ekspor 288.035.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan penjualan yang loyo diakibatkan beberapa anggota asosiasi yang kesulitan masalah cip.

“Jadi otomatis berpengaruh. Apalagi dengan situasi beberapa tempat ini kan pengaruh dari lockdown,” katanya saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

Sigit menjelaskan bahwa kelangkaan cip masih belum juga tertangani meski sudah berlangsung selama setahun. Tentunya ini masih menjadi momok untuk meningkatkan penjualan.

“Sebetulnya permintaan bagus. Dari data kita cukup besar peminatnya. Tapi kita tidak bisa penuhi masalah cip itu sehingga membuat daftar tunggu lebih panjang,” jelasnya.

Sementara itu, Manager Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Anton Widiantoro saat dikonfirmasi tidak mengiyakan kondisi nasional tersebut saat dikonfirmasi.

“Faktornya juga sama seperti industri lainnya,” katanya melalui pesan instan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper