Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meski Penjualan Naik, Lexus Masih Kekurangan Semikonduktor

Produsen mobil mewah asal Jepang Lexus masih mengalami masalah semikonduktor meskipun penjualan membaik.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 21 Maret 2022  |  16:33 WIB
Lexus LS 500. Lexus siap kembali memperkuat eksistensinya di dunia mewah dengan desain, craftsmanship, dan performa.  - Lexus
Lexus LS 500. Lexus siap kembali memperkuat eksistensinya di dunia mewah dengan desain, craftsmanship, dan performa. - Lexus

Bisnis.com, JAKARTA- Produsen mobil mewah asal Jepang Lexus masih mengalami masalah semikonduktor meskipun penjualan membaik.

Hal ini diungkapkan oleh General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma. Menurutny, meskipun saat ini penjualan membaik pada Februari 2022 namun pihaknya masih mengalami krisiS semikonduktor.

Sebagai informasi berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) penjualan mobil Lexus pada Februari 2022 menunjukan kenaikan 2.750 persen secara bulanan (month to month) dari sebelumnya menjual 2 unit menjadi 57 unit mobil. 

Adapun jika dibandingkan pada tahun lalu adanya penurunan 29,6 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) , di mana pada Februari 2021 Lexus menjual 81 unit.

Bansar mengatakan penjualan pada Februari masih belum dapat memenuhi permintaan konsumen di Indonesia yang meningkat.

Adapun penjualan Lexus pada bulan lalu juga disokong oleh pembuatan mobil yang sudah dikerjakan sejak Januari 2022, sehingga Lexus Indonesia dapat impor mobil untuk memenuhi sebagian permintaan konsumen di Indonesia.

"Jadi mobil keluaran tahun 2022 sudah diproduksi pada Januari sehingga produksi masuk, namun demand masih tinggi," ujar Bansar kepada Bisnis dalam wawancara eksklusif, dikutip Senin (21/3/2022). 

Bansar pun mengakui isu semikonduktor masih ada dan nyata namun pihaknya saat ini berusaha untuk mengatur permintaan konsumen di Indonesia. Bansar juga mengatakan Lexus RX 300 menjadi mobil yang paling banyak dicari dan diminati.

Lexus juga menilai konsumen Indonesia lebih menyukai mobil Sport Utility Vehicle dibandingkan mobil sedan, di mana komposisi penjualan SUV lebih banyak dibandingkan sedan.

"Sehingga komposisi juga berubah, dari sedan ke SUV. Sekarang komposisi SUV lebih tinggi dibandingkan sedan dan ini kami rasakan di model RX ," jelas Bansar.

Adapun baru baru ini Lexus Indonesia meluncurkan The All New Lexus NX pada acara Gaikindo Jakarta Auto Week 2022, dengan upgrade menyeluruh yang diharapkan dapat mengakomodasi pengemudi Lexus NX dengan beragam karakteristik seperti tagline yang dimiliki yaitu Intuitively yours.  

The All New Lexus NX yang hadir dalam tiga varian ini memiliki fitur canggih dan teknologi terkini sehingga membuat pengguna merasakan sensasi kemewahan dan kekinian ketika mengendarai kendaraan di kelas premium tersebut.

"Saya yakin model terbaru ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin tampil mempesona karena dilengkapi dengan desain, teknologi dan fitur khas Lexus yang terbaru,” sebut Bansar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil penjualan mobil semikonduktor Lexus Indonesia
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top