Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kendaraan Niaga Jadi Backbone Penjualan Suzuki 2021

Penjualan Suzuki ditopang Carry Pikap yang menjadi korntibutor terbesar.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 23 Februari 2022  |  15:49 WIB
Suzuki Carry Desain Baru.  - Suzuki
Suzuki Carry Desain Baru. - Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menorehkan pertumbuhan penjualan selama 2021. Tercatat wholesales mobil Suzuki pada  2021 naik sebesar 38.8 persen dan retail sales naik sebesar 23,8 persen.

New Carry Pick Up menjadi kontributor utama dalam penjualan mobil Suzuki Indonesia sepanjang 2021. Selain kendaraan komersial, tren penjualan yang positif juga didukung oleh kendaraan penumpang antara lain XL7 dan All New Ertiga.

Menurut 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra , catatan penjualan yang positif sepanjang 2021 tidak lepas dari peningkatan kualitas produk, purna jual dan layanan yang terus dilakukan Suzuki Indonesia.

“Kami mengapresiasi para pelanggan setia Suzuki hingga kami berhasil mencatatkan peningkatan pada pembukuan penjualan nasional kami. Peningkatan ini merupakan salah satu dampak positif dari upaya Suzuki dalam menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, meningkatkan kualitas produk, purna jual dan pelayanan, serta kesetiaan pelanggan terhadap kendaraan penumpang maupun komersial yang dimiliki Suzuki Indonesia,” terang Donny dalam keterangan resmi pada Rabu (23/2/2022)

New Carry Pick Up menjadi kontributor utama yang berkontribusi sebesar 58 persen secara wholesales maupun retail sales. Selain kendaraan komersial, XL7 menduduki posisi sebagai kontributor terbesar kedua dengan kontribusi 18 persen untuk wholesales dan 16 persen untuk retail sales dalam penjualan nasional Suzuki.

Donny mengungkapkan sejak pertama diluncurkan tahun 2020, XL7 hingga saat ini terus memberikan dampak positif terhadap penjualan Suzuki Indonesia dan menjadi salah satu backbone penjualan.

Selain keberhasilan XL7, All New Ertiga juga berkontribusi terhadap penjualan Suzuki. Ertiga menyumbang 12 persen terhadap wholesales dan 13 persen terhadap retail sales, sehingga membuat membuat All New Ertiga masuk ke dalam 3 mobil kontributor tertinggi pada penjualan Suzuki di tahun 2021.

"Peningkatan yang dialami oleh XL7 dan All New Ertiga tersebut tidak terlepas dari pengaruh kebijakan relaksasi PPnBM [Pajak Penjualan Barang Mewah] yang diterapkan oleh Pemerintah di tahun 2021 lalu," jelas Donny. Adapun terhadap fasilitas PPnBM DTP 2022, model Suzuki yang menikmati diskon adalah Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga Sport dan Suzuki XL7.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suzuki Suzuki Indomobil Sales
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top