Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Asal Modifikasi! Ini 6 Kerugian Mengubah Knalpot Menjadi Lebih Berisik

Memodifikasi kendaraan sebenarnya bukan hal yang dilarang dan sah untuk dilakukan selama tidak mengganggu orang lain dan melanggar aturan. Saat ini pun ada beragam aliran modifikasi, mulai dari elegan, racing, off road, hingga meningkatkan performa mesin.
Penindakan tilang kepada pengendara yang menggunakan knalpot bising oleh Satlantas Polres Metro Jakarta Utara di wilayah Cempaka Putih, Jakarta, Senin (19/4/2021)./Antararnrn
Penindakan tilang kepada pengendara yang menggunakan knalpot bising oleh Satlantas Polres Metro Jakarta Utara di wilayah Cempaka Putih, Jakarta, Senin (19/4/2021)./Antararnrn

Bisnis.com, JAKARTA – Memodifikasi kendaraan sebenarnya bukan hal yang dilarang dan sah untuk dilakukan selama tidak mengganggu orang lain dan melanggar aturan. Saat ini pun ada beragam aliran modifikasi, mulai dari elegan, racing, off road, hingga meningkatkan performa mesin.

Salah satu yang sering dimodifikasi adalah knalpot. Bahkan, banyak modifikasi knalpot yang bukan hanya lebih berisik, tetapi juga mengganggu orang lain dan melanggar aturan. Dilansir dari Auto2000, setidaknya ada enam kerugian mengubah knalpot mobil menjadi lebih berisik.

Mengganggu orang lain

Poin pertama mungkin adalah yang paling nyata dan berdampak pada orang lain secara langsung. Suara knalpot yang telah dimodifikasi menjadi lebih berisik tentu akan mengganggu kenyamanan orang lain.

Terlebih jika mobil tersebut tengah melintas di area perumahan atau rumah ibadah, tentu suara yang ditimbulkan akan sangat mengganggu. Maka dari itu, pertimbangkan kembali untuk mengubah knalpot.

 

Polusi suara

Selain polusi udara, kebisingan yang ditimbulkan dari jalan raya juga menjadi salah satu perhatian dalam penataan lingkungan. Tentu dengan knalpot berisik yang timbul dari mobil menjadi kontributor negatif.

Adapun, saat ini pabrikan mobil telah merancang seluruh mobil dengan suara knalpot yang aman dari ambang batas kebisingan. Untuk itu, tetap gunakan knalpot standar agar mendapatkan ambang kebisingan yang tidak melebihi batas.

 

Menggugurkan garansi

Salah satu yang menggugurkan garansi mesin adalah modifikasi atau penggantian parts yang tidak memiliki jaminan dari pabrik mobil. Salah satunya adalah penggantian knalpot variasi atau produk non-original pabrik kendaraan.

 

Meningkatkan emisi gas buang

Penggantian knalpot dari bagian muffler tip hingga header artinya mengubah pengaturan bawaan pabrik terkait penahan emisi gas buang. Jika demikian, maka dipastikan mobil tersebut memiliki emisi gas buang yang lebih tinggi atau bahkan tidak terkendali.

 

Merusak mesin

Penggantian knalpot dengan suara berisik dan tanpa hitungan ulang terhadap ruang bakar dapat berdampak pada berubahnya kinerja mesin. Jika tidak dikalkulasi dengan baik, maka tenaga malah bisa drop dan berdampak kerusakan serius.

 

Melanggar peraturan lalu lintas

Mobil yang menggunakan knalpot dengan suara berisik juga bisa masuk dalam pelanggaran lalu lintas. Aturan penggunaan knalpot kendaraan sendiri sudah diatur dalam undang-undang. Aturan tersebut tertulis dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7/2009.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper