Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Lalu, Volkswagen Kembali Harus Mengalah dari Toyota

Penjualan global Toyota menjadi yang terbesar di dunia dalam dua tahun berturut-turut.
Logo Toyota. /Reuters-Yuya Shino
Logo Toyota. /Reuters-Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota grup melaporkan total penjualan global sepanjang 2021 mencapai 10,5 juta unit atau naik 10,1 persen secara tahunan. Angka ini merupakan gabungan antara Toyota dengan grupnya yakni Daihatsu dan Hino. 

Dikutip Tempo dari Reuters, Jumat (28/1/2021), penjualan global Toyota menjadi yang terbesar di dunia dalam dua tahun berturut-turut, dengan Volkswagen di peringkat kedua terbanyak dengan total penjualan 8,9 juta unit.

Adapun Toyota dan produsen global lainnya terpaksa memangkas produksinya sepanjang tahun lalu karena krisis pasokan suku cadang dan chip semikonduktor. Krisis ini dipicu merebaknya kasus Covid-19 di negara-negara yang menjadi pemasok komponen.

Namun, produsen mobil asal Jepang mampu melewati pandemi lebih baik daripada kebanyakan produsen mobil lain karena pasar dalam negerinya dan sebagian Asia, cukup stabil dibanding pasar Eropa.

Meski demikian, Toyota memperkirakan akan gagal memenuhi target produksi 9 juta unit kendaraan pada tahun fiskal 2021/2022 yang akan berakhir pada 31 Maret 2022 karena gangguan pasokan suku cadang di tengah pandemi Covid-19.

Penjualan Toyota di Indonesia

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota mencatat total penjualan ritel Januari-Desember 2021 sebesar 290.499 unit dengan pangsa pasar 33,6 persen. Angka ini naik 59 persen dibanding penjualan ritel tahun sebelumnya sebesar 182.665 unit.

Sedangkang wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer), total sebanyak 295.768 unit (33,3 persen pangsa pasar). Angka ini juga naik cukup signifikan dibanding wholesales 2020 sebanyak 161.256 unit, atau tumbuh 83,4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper