Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Wuling Indonesia Melesat 151 Persen, Ekspor Melempem

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) mencatatkan hasil positif dalam penjualan wholesale maupun ritel pada 2021.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  15:42 WIB
Wuling Almaz RS.  - Wuling
Wuling Almaz RS. - Wuling

Bisnis.com, JAKARTA – PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) berhasil menduduki posisi delapan, atau naik satu peringkat secara nasional dari 2020 berkat pertumbuhan penjualan mobil yang positif pada tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), produsen asal China ini mampu menjual 23.920 unit pada tahun lalu. Volume tersebut meroket 151,2 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Meskipun penjualan domestik naik 151,2 persen, tetapi penjualan ekspor justru turun 91 persen yoy atau menjadi 54 unit. Pada 2020, penjualan ekspor Wuling sebanyak 611 unit.

Adapun, SAIC-GM-Wuling mencatatkan penjualan mobil listrik Hongguang Mini EV lebih dari 500.000 unit sepanjang 2021 di China. Kendaraan ini mengusung konsep Global Small Electric Vehicle (GSEV) dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan mobil bertenaga baterai lainnya.  

Di Indonesia, Wuling Motors memastikan mobil listrik dengan konsep GSEV akan diproduksi di Indonesia dan dijual mulai tahun ini. Pabrik Wuling di Cikarang akan menjadi hub ekspor ke Singapura dan Thailand. 

Rencana Wuling membawa mobil listrik mungil ke Indonesia tidak terlepas dari kesuksesannya menjual mobil tersebut di China. Larisnya Wuling Mini EV berkat harganya yang sangat miring.

Varian paling rendah mobil ini memiliki harga jual US$4.500 atau setara Rp65 juta, sedangkan varian dengan pendingin udara (AC) dibanderol US$5.000 atau sekitar Rp72 juta.

Bandingkan dengan Tesla yang melego model termurahnya dengan kisaran harga US$38.000 di China atau sekitar Rp550,68 juta. Harga yang ditawarkan Wuling berbanding jauh dengan Tesla Model 3 yang diproduksi di China. Harga Tesla Model 3 diketahui mencapai US$39.000 atau setara Rp560 jutaan. 

Adapun Wuling Mini EV memiliki dimensi mungil. Tingginya tercatat 2.917mm, lebar 1.493mm, dan tinggi 1.621mm. Kapasitas penumpangnya empat penumpang dengan jok belakang yang bisa dilipat untuk penyimpanan bagasi.  Mobil listrik Wuling Mini EV ini dibekali motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga 20 kW atau setara 26,8 daya kuda dan torsinya 85 Nm.

Mobil mungil tersebut dilengkapi dengan motor listrik 13 kW dan baterai 9,2 kWh atau 13,8 kWh. Dengan baterai yang lebih kecil, kendaraan ini mampu menempuh jarak 120 km, sedangkan dengan baterai yang lebih besar mampu menempuh jarak 170 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor gaikindo penjualan mobil SAIC-GM Wuling Wuling Motors
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top